Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Bangun Rusun di KEK Tanjung Lesung

Rusun dibangun satu tower dengan tipe 24 panjang setinggi tiga lantai dengan anggaran senilai Rp16,68 miliar.
Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Banten./KEK.go.id
Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Banten./KEK.go.id
Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun untuk para pekerja Banten West Java Tourism Development Corporation (TDC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten
 
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan rusun itu dibangun satu tower dengan tipe 24 panjang setinggi tiga lantai dengan anggaran senilai Rp16,68 miliar.
 
“Kami siap mengembangkan KEK Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten dengan mendorong pembangunan Rusun untuk para pekerja di wilayah tersebut. Kami berharap dengan pembangunan Rusun ini para pekerja bisa memiliki hunian yang layak huni sehingga mendorong semangat kerja di KEK tersebut,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (15/11/2021). 
 
Khalawi menerangkan, adanya pembangunan Rusun tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada. 
 
Selain itu, rusun juga mampu menampung lebih banyak pekerja sehingga pihak Banten West Java TDC lebih mudah untuk melakukan koordinasi dengan para pekerja di lapangan.
 
Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono menerangkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Banten West Java TDC agar pembangunan rusun ini dapat berjalan dengan baik di lapangan.
 
Rencananya pembangunan rusun ini dilaksanakan secara multiyears mulai tahun 2021 hingga 2022 mendatang.
 
Berdasarkan data yang ada, pembangunan rusun pekerja Banten West Java TDC berlokasi di KEK Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. 
 
Rusun ini memiliki spesifikasi bangunan yakni dibangun sebanyak satu tower dengan tipe 24 panjang setinggi 3 lantai dan terdiri dari 64 hunian dengan kapasitas 250 orang. Kontraktor pelaksana Rusun ini adalah PT Pilar Cadas Putra dengan Manajemen Konsultan PT Cipta Multi Kreasi.
 
“Total anggaran untuk pembangunan Rusun Pekerja Banten Java TDC ini senilai Rp 16,68 Miliar. Kami akan membangun Rusun ini secara multiyear sehingga pembangunan ini diharapkan selesai tahun 2022 mendatang,” terangnya.
 
Sementara itu, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Nanang Mulyana menyatakan sangat berterimakasih atas bantuan Kementerian PUPR yang terus melaksanakan pembangunan infrastruktur berupa jalan raya beton serta perumahan yakni Rusun untuk para pekerja di KEK Tajung Lesung. 
 
Menurutnya, para pekerja di KEK Tanjung Lesung sangat membutuhkan hunian yang layak mengingat mereka saat ini tinggal di rumahnya masing-masing yang jaraknya cukup jauh dari KEK Tanjung Lesung.
 
“Berdasarkan data yang kami miliki ada sekitar 2.500 pekerja di KEK Tanjung Lesung. Kami berterimakasih karena Kementerian PUPR telah membangu Rusun untuk para pekerja Banten Java TDC ini dan kami yakin mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja sekaligus mengembangkan KEK Tanjung Lesung ini menjadi kawasan pariwisata nasional yang baik,” tuturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper