Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik, KAI Juga Beri Tiket KA Gratis untuk Kategori Ini

Peluasan profesi yang berhak mendapat tiket KA Jarak Jauh gratis pada momen Hari Pahlawan 2021 ini melengkapi daftar profesi yang juga mendapatkan program yang sama yaitu Guru, Bidan, Perawat, Apoteker, Tenaga Farmasi, Tenaga Administrasi, Driver Ambulance, dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).
Ilustrasi-Calon penumpang memesan tiket kereta /ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi-Calon penumpang memesan tiket kereta /ANTARA-Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah daftar profesi yang berhak mendapatkan voucer tiket KA Jarak Jauh secara gratis di momen Hari Pahlawan 2021 Mulai 13 November 2021, yaitu Dosen, Dokter, Analis Laboratorium, dan Analis Radiologi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan voucer tersebut dapat ditukarkan dengan tiket kereta api untuk periode keberangkatan 13 - 30 November 2021.

“Penambahan profesi yang mendapatkan voucer tiket gratis ini ditujukan untuk memberikan apresiasi yang semakin luas kepada para pekerja di bidang pendidikan dan kesehatan. Kedua sektor ini sebagai cerminan pahlawan masa kini di saat pandemi Covid-19,” ujarnya, Sabtu (14/11/2021).

Menurut Joni, peluasan profesi yang berhak mendapat tiket KA Jarak Jauh gratis pada momen Hari Pahlawan 2021 ini melengkapi daftar profesi yang juga mendapatkan program yang sama yaitu Guru, Bidan, Perawat, Apoteker, Tenaga Farmasi, Tenaga Administrasi, Driver Ambulance, dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Voucer tersebut, Sambung Joni, sudah dapat diambil di Loket atau Customer Service di 12 stasiun yang telah ditentukan hingga maksimal 29 November 2021.

Adapun dia memerinci, ke-12 stasiun tersebut yaitu Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang.

"Voucer hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucer. Misalnya pengambilan voucer di Stasiun Gambir, maka voucer hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Gambir dan Pasar Senen," sebutnya.

Lebih lanjut Joni menuturkan, dokumen yang harus dibawa saat pengambilan voucer adalah identitas asli serta fotocopy identitas/surat keterangan yang menyatakan profesi sebagai dosen atau guru, identitas asli serta fotocopy kartu anggota profesi dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

Kemudian bagi tenaga kesehatan lainnya yaitu kartu tanda pengenal atau surat keterangan lainnya yang menyatakan sebagai bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, analis laboratorium, analis radiologi, tenaga administrasi dan driver ambulance dari klinik, puskesmas atau rumah sakit serta identitas asli dan menyerahkan fotocopy identitas LVRI yang masih berlaku.

“Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucer atau satu kali perjalanan. Pengambilan voucer tidak dapat diwakilkan kecuali untuk veteran,” imbuh Joni.

Sebagai informasi, KAI menyediakan total 11.000 voucer yang dapat ditukarkan dengan tiket KA Jarak Jauh gratis. Hingga 12 November 2021 sudah 2.059 voucer yang dimanfaatkan oleh masyarakat dengan rincian nakes 928 orang, guru 1.115 orang, dan veteran 16 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper