Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Beberkan Penyebab Kebakaran Tangki di Kilang Cilacap

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama membeberkan dugaan awal penyebab kebakaran yang menghanguskan satu tangki penyimpanan bahan bakar minyak di kilang Cilacap pada Sabtu (13/11/2021) malam.
Komisaris Utama Pertamian Basuki Tjahaja Purnama./Antara
Komisaris Utama Pertamian Basuki Tjahaja Purnama./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama membeberkan dugaan awal penyebab kebakaran yang menghanguskan satu tangki penyimpanan bahan bakar minyak di kilang Cilacap pada Sabtu (13/11/2021) malam.

Komisaris Utama yang akrab disapa Ahok itu mengatakan, dirinya telah mendapatkan laporan bahwa kebakaran di kilang Cilacap telah berhasil dipadamkan. Namun terkait dengan penyebab pasti kebakaran, pihaknya masih menunggu keterangan lebih lanjut dari pihak berwajib.

“Laporan sementara sudah dipadamkan. Penyebab belum tahu. Biasanya sama alasannya, kena petir,” katanya kepada Bisnis, Minggu (14/11/2021).

Ahok menuturkan, Pertamina sebenarnya telah melakukan evaluasi keamanan di kilangnya pascakebakaran di Kompleks Kilang Balongan pada Maret 2021 lalu. Ahok pun mengunjungi langsung Kilang Balongan untuk meninjau secara dekat dampak dari kejadian itu.

Akan tetapi, untuk kebakaran salah satu tangki di Kilang Cilacap kali ini, Ahok mengaku tidak akan turun langsung ke lapangan, karena seluruh pemantauan bisa dilakukan secara jarak jauh melalui sistem command center yang dimiliki Pertamina.

“Semua terpantau dari command center yang sudah jadi di Graha Pertamina depan [Stasiun] Gambir. Soal pengusutan, nanti biar Polri saja,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati belum memberikan keterangan terkait dengan penyebab insiden tersebut. Pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya.

“Kami akan lakukan evaluasi dan investigasi. Insiden ini penting untuk lesson learn-nya,” kata Nicke.

Direktur Utama Refining & Petrochemical Subholding Pertamina Djoko Priyono mengatakan, api di tangki penyimpanan BBM kilang Cilacap telah berhasil dijinakkan pagi tadi pada pukul 07.45 WIB, dan kondisi telah dinyatakan aman pada pukul 09.15 WIB.

Api berhasil dijinakkan setelah tim penanganan melakukan penyekatan pada tangki yang terbakar. Tangki yang terbakar tersebut juga telah dilakukan pendinginan untuk memastikan api tidak kembali menyambar.

“Saat ini sudah padam secara total jam 07.45 WIB tadi pagi. Declare aman pada 09.15 WIB,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper