Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Nakes yang Dapat Voucer Tiket Kereta Api Gratis dari KAI

Seorang nakes membagikan pengalamannya usai mendapatkan voucer tiket kereta api gratis dari KAI.
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta./Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan sebanyak 11.000 voucer tiket KA Jarak Jauh kelas eksekutif dan ekonomi secara gratis di sejumlah area sebagai bentuk apresiasi kepada para guru dan tenaga kesehatan (nakes) serta para veteran dalam menyambut Hari Pahlawan yang diperingati setiap tahunnya pada 10 November.

Anita E. (28), seorang tenaga administrasi di salah satu rumah sakit di Jakarta hari ini mencoba peruntungannya mendapatkan voucer tiket KA gratis tersebut. Pasalnya, jumlah voucer yang disediakan dalam sehari terbatas, baik untuk kelas KA eksekutif maupun ekonomi.

"Saya tiba di sini [Stasiun Gambir] pukul 12.15 WIB, mumpung istirahat makan siang. Untungnya sepi karena yang antre sepertinya banyak yang sudah pulang," katanya, Senin (8/11/2021).

Anita mengaku berencana ke Yogyakarta akhir November nanti. Setelah tahu ada apresiasi yang diberikan KAI dalam menyambut Hari Pahlawan, dirinya pun berminat mencoba menukarkan voucer tersebut.

Setelah tiba di Stasiun Gambir, dirinya langsung menuju Pintu Utara. Di sana sudah tersedia loket pendaftaran voucer. Di loket ini, dia diminta untuk mengisi data-data diri.

Selanjutnya, Anita pindah ke loket verifikasi berkas. Di bagian ini, petugas akan mengecek surat keterangan yang menyatakan dirinya nakes, ID Card, dan juga KTP.

"Kemudian setelah verifikasi ke loket registrasi voucer untuk menentukan jenis kereta dan tanggal serta jam keberangkatan," sebutnya.

Anita mengaku senang masih mendapatkan slot voucer untuk keberangkatan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Untuk jenis keretanya, dia mendapatkan KA ekonomi.

Sementara, lanjutnya, bila ingin mendapatkan KA eksekutif maka harus siap mengantre dari pukul 06.00 WIB. Sebab, slotnya terbatas sementara yang tertarik menukarkan voucer sangat banyak.

"Tapi saya sendiri udah dapat yang ekonomi saja sudah Alhamdulillah. Terima kasih KAI," tutupnya dengan sumringah.

Sebagai informasi, voucer tiket KA gratis ini diberikan untuk periode keberangkatan 8-30 November 2021 kepada guru, baik guru pendidikan formal untuk anak usia dini sampai dengan tingkat menengah atas atau sederajat (negeri maupun swasta) dengan status PNS maupun honorer.

Kemudian tenaga Kesehatan (bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan driver ambulance) baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit kecuali Dokter. Selanjutnya Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Voucer hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucer. Misalnya pengambilan voucer di Stasiun Gambir, maka voucer hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Gambir dan Pasar Senen.

Pada saat pengambilan voucer, calon pelanggan harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas / surat keterangan yang menunjukkan mereka adalah guru, tenaga kesehatan, dan veteran.

Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucer atau satu kali perjalanan dan pengambilan voucer dilayani selama ketersediaan tempat duduk masih ada. Pengambilan voucer tidak dapat diwakilkan kecuali untuk veteran.

Voucer tidak bisa dipindah tangankan. Jumlah voucer yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas dan tiket KA yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya.

Terkait dengan biaya rapid test antigen sebesar Rp45.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi tanggung jawab pengguna voucer (KAI hanya menggratiskan tiket KA-nya saja melalui voucer yang diberikan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper