Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Enggan Naikkan Pasokan, Harga Gas Eropa Naik

Benchmark berjangka yang diperdagangkan di Belanda melonjak sebesar 9,7 persen seiring dengan pengiriman gas melalui pipa utama Rusia akan tetap jauh di bawah normal pada Senin.
Gas Metana di Iran/Caspian News
Gas Metana di Iran/Caspian News

Bisnis.com, JAKARTA - Harga gas di Eropa naik setelah Rusia enggan meningkatkan suplai seperti yang dijanjikan oleh Presiden Vladimir Putin.

Dilansir Bloomberg pada Senin (8/11/2021), benchmark berjangka yang diperdagangkan di Belanda melonjak sebesar 9,7 persen seiring dengan pengiriman gas melalui pipa utama Rusia akan tetap jauh di bawah normal pada Senin.

Selain itu, tidak ada kapasitas tambahan untuk mengirim pasokan tambahan ke Eropa dalam lelang pada Minggu.

Suplier bahan bakar terbesar bagi Eropa ini telah berjanji untuk meningkatkan pengiriman gas ke kawasan mulai Senin.

Putin telah meminta perusahaan gas alam dari Rusia Gazprom untuk mengisi fasilitas penyimpanan Eropa setelah selesainya kampanye penimbunan domestik Rusia.

Kurangnya tambahan memicu kekecewaan bagi para pedagang yang mengandalkan janji Putin untuk meringankan krisis pasokan benua itu.

Di tengah kelangkaan pasokan batu bara yang menyebabkan krisis listrik di Benua Eropa, Rusia kini mendulang keuntungan sebagai destinasi favorit tetangganya.

Investor telah beralih ke aset para eksportir energi dari Rusia hingga Kolombia untuk menentukan penawaran yang terbaik.

Kerusuhan di pasar energi telah menyoroti status Rusia sebagai negara adidaya minyak dan gas. Eksportir energi terbesar di dunia ini memiliki cadangan lebih dari US$600 miliar. Beban utangnya juga sangat rendah dan dapat mengelola kenaikan suku bunga untuk menjinakkan inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper