Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Antrean, Penumpang KRL Diimbau Siapkan Kartu Multi Trip

KAI Commuter mengimbau penumpang KRL untuk menyiapkan kartu multi trip untuk mencegah antrean di stasiun.
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (13/4/2020). -ANTARA
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (13/4/2020). -ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - KAI Commuter mengajak seluruh pengguna KRL untuk mempersiapkan perjalanannya sejak awal dan mengikuti aturan yang ada serta disiplin protokol kesehatan terutama dalam mengantisipasi kepadatan yang bakal terjadi pada awal pekan, Senin (7/11/2021).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengingatkan awal pekan rutin menjadi hari dengan jumlah pengguna KRL paling banyak dibandingkan hari-hari lainnya. Pengguna KRL diminta mempersiapkan diri dengan mengakses informasi dan jadwal melalui aplikasi KRL Access dan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT).

Menurut data KAI Commuter, sepanjang Oktober 2021 total rata-rata pengguna KRL di hari Senin sebesar 404.486 pengguna. Data tersebut lebih tinggi 71 persen dibandingkan rata-rata total pengguna pada Minggu yaitu sebesar 237.000 pengguna.

Adapun, jumlah volume pengguna KRL terbanyak pada 25 Oktober 2021, dengan jumlah 428.537 pengguna dan jumlah volume pengguna KRL terendah pada 17 Oktober 2021 yaitu sebanyak 224.673 pengguna.

“Dengan menggunakan Kartu Multi Trip yang bersistem saldo, pengguna tidak perlu melakukan isi ulang kartu setiap hendak melakukan perjalanan naik KRL, sehingga tidak perlu antre di vending machine maupun loket stasiun,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (7/11/2021).

Selain untuk naik KRL, KMT juga dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun dan menggunakan KA Bandara serta sedang diuji coba untuk moda transportasi lain yaitu Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Pergerakan pengguna KRL pada hari kerja terkonsentrasi pada jam-jam sibuk, yaitu pukul 06.00 – 08.00 WIB di pagi hari dan pada sore hari pukul 16.00 – 18.00 WIB. Untuk itu, KAI Commuter telah mengoperasikan 999 perjalanan KRL per harinya dengan jam operasional mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB dan mayoritas perjalanan KRL beroperasi pada jam-jam sibuk.

KAI Commuter juga tetap menerapkan jaga jarak aman antar pengguna dengan membatasi jumlah orang yang dapat naik kereta untuk mengantisipasi kepadatan di dalam kereta. Petugas akan melakukan antrean penyekatan di stasiun bila kondisi di dalam KRL sudah sesuai kuota.

Pembatasan kapasitas pengguna KRL juga masih berlaku sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 97/2021. Informasi jadwal perjalanan, posisi KRL, dan kepadatan di stasiun dapat dilihat real time melalui aplikasi KRL Access.

Untuk menghindari kepadatan dan antrean, para pengguna jasa juga dapat memanfaatkan akhir pekan ini maupun waktu-waktu di luar jam sibuk untuk naik KRL kembali ke lokasi aktivitasnya di hari kerja.

Selain pengaturan operasional dan pembatasan kapasitas, KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengguna KRL menggunakan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukan sertifikat vaksin baik melalui aplikasi, sertifikat secara fisik, maupun digital kepada petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper