Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bidik Pasar Logistik Ritel, PCP Express Luncurkan Aplikasi Virtual Agent

Prospek pertumbuhan ekonomi digital terus mendorong pelaku usaha gencar berinovasi dan ekspansi. Membidik pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce, perusahaan kurir PCP Express meluncurkan inovasi berupa aplikasi Mitra Virtual (virtual agent).
PCP Express./Istimewa
PCP Express./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Prospek pertumbuhan ekonomi digital terus mendorong pelaku usaha gencar berinovasi dan ekspansi. Membidik pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce, perusahaan kurir PCP Express meluncurkan inovasi berupa aplikasi Mitra Virtual (virtual agent).

CEO PCP Express Dennis Soemarno mengatakan, PCP Express membuka peluang bagi seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha UMKM untuk meraih pendapatan tambahan sebagai agen virtual bisnis logistik.

Berbekal pengalaman panjang di industri logistik, PCP Express menilai potensi pasar logistik ritel sangat besar. Selain itu, selama ini masyarakat terkendala modal untuk bisa memiliki bisnis logistic.

“Lewat aplikasi virtual agent PCP Express, individu dan pebisnis UMKM bisa memanfaatkan usahanya untuk sekaligus berbisnis logistik dengan modal minim,” ujar Dennis dalam konferensi pers, Selasa (2/11/2021).

Untuk menjadi virtual agent PCP Express, kata dia, syaratnya hanya memiliki kendaraan roda dua, smartphone, koneksi internet, timbangan portable, dan meteran.

Dengan modal minim, lanjutnya, virtual agent PCP Express mendapatkan berbagai keuntungan, seperti penjemputan paket di lokasi virtual agent tanpa minimum nilai transaksi, biaya kirim lebih murah dengan skema harga kemitraan, dan tersedia berbagai opsi pembayaran digital.

Virtual agent PCP Express juga bisa mendapatkan komisi sebesar 20 persen dari setiap nilai transaksi pengiriman yang bisa dicairkan setiap minggu,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, saat ini PCP Express telah melakukan pilot project virtual agent di wilayah DKI Jakarta. Hingga kini sudah ada puluhan virtual agent yang tergabung dalam program tersebut.

Dennis pun mengaku optimistis jumlah virtual agent PCP Express akan bertambah jadi 250 hingga akhir tahun ini, atau dalam periode 2 bulan.

“Tahap awal, fokus ekspansi virtual agent PCP Express di wilayah DKI Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang dan Surabaya. Selanjutnya akan berkembang ke kota besar lain, seperti Medan, Makassar, Bali, Balikpapan, dan Banjarmasin,” imbuhnya.

Sebagai informasi, permintaan tinggi jasa kurir membuat PCP Express yakin skema bisnis virtual agent mampu meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Hingga akhir 2021, PCP Express membidik kenaikan pendapatan sebesar 200 persen dari pasar logistik ritel. Selama ini, PCP Express menggarap pasar ritel lewat jaringan kantor cabang dan mitra gerai.

Lewat aplikasi virtual agent PCP Express, target pasar yang dibidik perusahaan adalah transaksi dari pedagang online (direct seller), reseller, dan dropship.

Sementara itu, komoditas yang dibidik dari layanan virtual agent PCP Express, yakni pakaian, barang elektronik dan gadget, perlengkapan ibu dan bayi, produk perawatan (personal care), serta mainan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper