Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INA-Dubai Port World Bakal Guyur Pelindo Rp100 Triliun, MTI: Luar Biasa!

MTI menilai upaya INA-Dubai Port World yang akan investasi ke Pelindo senilai Rp100 triliun adalah langkah luar biasa.
Ilustrasi pelabuhan yang dikelola Pelindo. /Pelindo III
Ilustrasi pelabuhan yang dikelola Pelindo. /Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai rencana Indonesia Investment Authority (INA) bersama dengan Dubai Port World membentuk konsorsium dan tim kerja untuk menjajaki investasi ke tubuh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) merupakan langkah yang luar biasa.

"Itu merupakan langkah yang sangat luar biasa bagus. PT Pelabuhan Indonesia sudah mampu meyakinkan investor untuk berinvestasi senilai US$7,5 millar atau setara Rp100 triliun," kata Ketua Forum Transportasi Laut MTI Leny Maryouri, Senin (1/11/2021).

Selanjutnya, Leny menyebut langkah yang harus dilakukan adalah pemilihan pelabuhan existing yang akan dikembangkan. Dengan Rp100 triliun, menurutnya akan mampu merevitalisasi dan mengembangkan 20 pelabuhan existing dengan cara yang efisien.

"Dapat dipilihkan pelabuhan yang sesuai hierarki dari international hub port, distributor and collector ports sampai feeder ports untuk menciptakan jaringan sistem logistik yang optimal dan efisien. Jangan sampai dana diinvestasikan pada lokasi pelabuhan yang salah sehingga menjadi resource yang idle," imbuhnya.

Sebagai informasi, INA telah menandatangani perjanjian kemitraan strategis dengan DP World untuk meningkatkan sektor kelautan dan pelabuhan Indonesia dalam yang diperkirakan mencapai US$7,5 miliar.

Direktur Utama INA Ridha Wirakusumah mengatakan kemitraan strategis bersama dengan DP World juga termasuk menjajaki peluang di sektor pelabuhan Indonesia. Mulai dari hinterland, terminal domestik, lapangan kargo, sistem jaringan, transportasi menuju dan dari pelabuhan, hingga zona industri.

DP World juga akan memanfaatkan platform investasi bersamanya dengan Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ). Sejak platform tersebut diluncurkan pada 2016, DP World pun telah berinvestasi di 12 terminal pelabuhan secara global.

"Mengikuti proses seleksi mitra yang ketat dari INA, kami yakin bahwa DP World dapat bekerja sama dengan baik dengan kami untuk menciptakan jaringan pengiriman domestik yang kuat dan menjadi nilai tambah bagi investor, bisnis," ujarnya melalui siaran pers, Senin (1/11/2021).

Menurutnya, sektor maritim dan pelabuhan Indonesia adalah kunci untuk mendukung perdagangan dan konsumsi di Indonesia. Tak hanya itu, kerja sama dengan DP World juga memungkinkan untuk menyelesaikan masalah-masalah tinggi biaya logistik dan inefisiensi pelabuhan.

Kerja sama strategis ini juga selaras dengan misi INA untuk mengoptimalkan investasi di infrastruktur Indonesia dan sumber daya untuk memberikan pembangunan ekonomi jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper