Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tiga Trayek DAMRI Bandung yang Masih Beroperasi

Saat ini masih terdapat tiga trayek DAMRI Bandung yang masih beroperasi kendati perusahaan menghentikan operasional 8 trayek lainnya.
Ilustrasi armada milik Perum DAMRI./Dok. Istimewa
Ilustrasi armada milik Perum DAMRI./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - DAMRI cabang Bandung masih akan tetap melayani tiga trayek kendati layanan bus kota pada delapan rute lainnya terpaksa setop beroperasi sementara per 28 Oktober 2021.

"DAMRI Cabang Bandung tidak mengoperasikan sementara 8 rute bus kota, terhitung mulai tanggal 28 Oktober 2021. Sedangkan untuk tiga trayek lainnya masih tetap dioperasikan," kata Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Sidik Pramono ketika dihubungi Bisnis.com, Jumat (29/10/2021).

Adapun Sidik memerinci, ketiga trayek yang masih tetap beroperasi tersebut antara lain, Jatinangor - Elang via tol, Cibiru - Kebon Kelapa, dan Alun-alun - Kota Baru Parahiyangan.

Dia menuturkan, keputusan penghentian sementara ini dilakukan atas dasar pertimbangan load factor yang kecil dan preferensi sebagian besar pelaku perjalanan di Bandung yang tidak menggunakan bus kota dalam bermobilitas.

Selain itu, penyetopan operasional ini juga harus dilakukan dengan berat hati guna menekan kerugian dan menjaga keberlangsungan usaha perusahaan. Pasalnya, Sidik menyebut pelayanan bus kota di Bandung merupakan segmen komersial dan nonsubsidi sehingga DAMRI harus memperhitungkan keekonomian dalam menjalankan setiap kegiatan operasionalnya.

"DAMRI akan terus mengevaluasi segmen-segmen usaha yang dijalankan. Jika berdasarkan evaluasi tingkat keekonomiannya terpenuhi, kegiatan operasional bisa dijalankan kembali," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengaku DAMRI telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu, khususnya pada rute-rute di mana DAMRI menghentikan sementara kegiatan operasinya.

Sementara di luar segmen bus kota, DAMRI Bandung tetap mengoperasikan secara normal segmen-segmen AKDP, AKAP, penugasan Angkutan Perintis, rute BRT Majalaya, dan angkutan Disabilitas.

"DAMRI selalu berkomitmen mengupayakan layanan transportasi darat terbaik untuk masyarakat, dengan mematuhi protokol kesehatan sebagai bagian upaya mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19," imbuh Sidik.

Di sisi lain, keputusan DAMRI menghentikan operasional di Bandung ini disayangkan oleh Pecinta DAMRI Community (PDC) alias Komunitas Pecinta DAMRI. Hal itu disampaikan lewat pernyataan sikap yang ditandatangani Ketua Umum PDC Pusat Adi Teja Nugraha.

Dalam pernyataannya, komunitas berharap manajemen DAMRI bisa segera mengoperasikan kembali seluruh layanan angkutan perkotaan DAMRI Bandung, mengingat banyak trayek angkutan perkotaan Bandung yang hanya dilayani oleh DAMRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper