Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rampung 100 Persen, Akses Tol Bandara Kertajati Siap Diresmikan

Astra Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) memastikan pembangunan jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, saat ini sudah memasuki tahap finalisasi.
Gerbang tol Kertajati Utama./Istimewa
Gerbang tol Kertajati Utama./Istimewa

Bisnis.com, CIREBON – Astra Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) memastikan pembangunan jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, saat ini sudah memasuki tahap finalisasi.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, pembangunan akses BIJB Kertajati sudah rampung 100 persen, mulai dari kontruksi, pembangunan gerbang, hingga kantor gerbang tol.

“Pembangunan sesuai dengan standar pelayanan minimum yang telah ditetapkan oleh Kemeterian Pekerajaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Agung menuturkan, pihaknya berharap pengoperasian akses BIJB Kertajati tersebut dapat dilakukan segera setelah rampungnya uji laik fungsi dan standar layak operasi.

Menurutnya, pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati itu dapat diselesaikan tepat waktu sesuai target, yakni rampung pada akhir September 2021, sesuai dengan arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Agustus 2021 lalu.

Agung juga memastikan, penyelesaian pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati bisa selesai dan beroperasi pada November 2021.

“Tol Cipali berharap tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, tetapi juga dapat menjadi penghubung dan membuka potensi ekonomi di wilayah Kertajati,” katanya.

Seperti diketahui, jalan tol akses menuju BIJB Kertajati terkoneksi dengan Tol Cipali dimulai dari KM 158+700 dengan panjang jalan sekitar 3,7 kilometer, serta lebar lajur 3,6 meter. Tol itu sendiri memiliki empat lajur untuk 2 arah.

Astra Tol Cipali memastikan tol tersebut akan diuji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementerian PUPR untuk keberangkatan jemaah haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati.

Sementara itu, proyek pembangunan tol akses BIJB ini diinisiasi oleh Pemerintah Jawa Barat dan Kementerian PUPR yang sudah direncanakan sejak Mei 2017. Tol yang juga akan terkoneksi dengan Tol Cisumdawu itu menelan biaya sebesar Rp692 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper