Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manfaatkan Kenaikan Harga Batu Bara, ITMG Menambang Lebih Dalam

Kebijakan ini diambil perusahaan untuk meningkatkan angka produksi di tengah tingginya harga komoditas batu bara. 
Ilustrasi pertambangan batu bara
Ilustrasi pertambangan batu bara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) berencana memacu aktivitas penambangan lebih dalam untuk menggenjot produksi. 

Direktur Komunikasi Korporat & Hubungan Investor ITMG Yulius Gozali mengatakan kebijakan ini diambil perusahaan untuk meningkatkan angka produksi di tengah tingginya harga komoditas batu bara. 

Berdasarkan bursa ICE Newcastle, harga batu bara berada pada US$247,50 per metrik ton untuk kontrak Desember 2021. Angka ini meningkat US$160,55 per metrik ton atau 184,65 persen dibandingkan pada April 2021. 

“Kenaikan harga batu bara saat ini mempertinggi kemungkinan untuk menambang lebih dalam atau meningkatkan nisbah kupas, sehingga diharapkan produksi akan semakin optimal,” katanya kepada Bisnis, Kamis (14/10/2021). 

Dia menerangkan aktivitas eksplorasi merupakan kegiatan yang dilakukan korporasi setiap bulan. Upaya ini bertujuan untuk mengonfirmasi cadangan batu bara yang ada di area konsesi. Hal ini menjadi acuan pada perencanaan pemanfaatan tambang ke depan. 

“Eksplorasi yang dilakukan bertujuan untuk mengonfirmasi cadangan batu bara yang ada di area konsesi tambang kami.  Saat ini, sudah lebih dari 50 persen cadangan batubara telah berhasil kami konfirmasi,” terangnya.

Berdasarkan keterbukaan informasi, eksplorasi dilakukan ITMG melalui anak usahanya PT Indo Tambangraya Megah yakni PT Trubaindo Coal Mining dan Indominco Mandiri melakukan pemboran lubang terbuka (open hole) dan pemboran inti (coring).

PT Trubaindo Coal Mining menjalankan operasional pemboran pada area Blok Utara dan Blok Selatan di Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. 

Sementara itu, PT Indominco Mandiri melakukan pemboran pada Blok Barat dan Blok Timur beberapa empat lokasi. 

Ketiganya yakni Kecamatan Sangatta Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Bontang Utara dan Selatan Kabupaten Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper