Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elnusa Amankan Kontrak Baru Survei Seismik, Dimana Saja?

Dengan kondisi yang berkembang saat ini, PT Elnusa Tbk. memenangkan 3 tender survei seismik.
Aktivitas operasional PT Elnusa Tbk. Anak usaha Pertamina ini berencana menerbitkan sukuk ijarah dengan target Rp700 miliar guna memenuhi kebutuhan modal kerja./elnusa.co.id
Aktivitas operasional PT Elnusa Tbk. Anak usaha Pertamina ini berencana menerbitkan sukuk ijarah dengan target Rp700 miliar guna memenuhi kebutuhan modal kerja./elnusa.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Elnusa Tbk. mengamankan kontrak baru jasa hulu migas untuk proyek survei seismik yang akan dilakukan tersebar mulai di wilayah Sumatra sampai dengan di Pulau Jawa.

Direktur Operasi yang turut menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha Elnusa Rony Hartanto menjelaskan kontrak tersebut meliputi survei seismik 3D di wilayah Pulau Panjang dan Sungai Buluh. Area yang berada pada 2 Provinsi Sumatera Utara Nangroe Aceh Darussalam, tepatnya di Kabupaten Langkat dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Proyek lainnya adalah proyek survei seismik 2D di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dan juga proyek survei seismik 2D di wilayah Sidoarjo dan Pasuruan, Jawa Timur. Periode pelaksanaan kontrak-kontrak jasa tersebut bervariasi tergantung luasan wilayah survei, dengan periode paling panjang adalah 19 bulan.

Dua pekerjaan sudah dimulai, sedangkan sisanya akan dimulai pada pertengahan bulan ini dengan total panjang lintasan semua proyek adalah 306 kilometer persegi untuk survei seismik 3D dan 1.641 km untuk survei seismik 2D.

“Elnusa saat ini sangat siap dan fokus kepada persiapan dan pelaksanaan proyek-proyek baru survei seismik yang akan beroperasi di beberapa wilayah. Atas perolehan proyek-proyek tersebut kami sangat yakin kinerja Elnusa akan lebih baik ke depannya,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (14/10/2021).

Rony menjelaskan secara khusus banyak pekerjaan hulu migas seperti survei seismik yang tertunda sejak awal pandemi. Dengan kondisi yang berkembang saat ini, Elnusa memenangkan 3 tender survei seismik yang di antaranya survei seismik 2D OBN akuisisi, processing, dan reprocessing data area selatan.

Kemudian, survei dan pengolahan data seismik 2D Vibroseis sub-vulkanik Jawa. Ada juga survei seismik 3D Pulau Panjang dan 3D Sungai Buluh, yang membentang di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Elnusa merupakan perusahaan pelopor sejak 1972 dalam mendukung kegiatan survei seismik darat, zona transisi dan laut di Indonesia. Cakupan wilayah survei seismik yang telah dilakukan merupakan yang terbesar di Indonesia.

“Setelah terpaan badai triple shock yang kami lalui setahun terakhir kemarin, kami sangat yakin dan optimistis melalui proyek-proyek yang sudah mulai kami dapatkan dan akan mulai berjalan dengan baik sesuai rencana dan jadwal yang telah disepakati dengan klien. Dengan berjalannya proyek-proyek eksplorasi untuk penemuan cadangan baru, ini merupakan sinyal positif bahwa kegiatan migas masih terus menggeliat aktif," ungkapnya.

Berdasarkan data SKK Migas, survei seismik 2D di wilayah kerja aktif dan open area sepanjang per semester I/2021 telah mencapai 1.917 km atau baru mencapai 54 persen dari target tahun ini, yakni 4.569 km. Untuk survei seismik 3D tercatat telah mencapai 673 km² atau 43 persen dari target seluas 1.549 km².

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper