Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Siapkan Empat Bandara Jelang Penutupan PON XX

Kemenhub menyiapkan empat bandara untuk kepulangan atlet jelang penutupan PON XX.
Bandara Sentani./ANTARA-Evarukdijati
Bandara Sentani./ANTARA-Evarukdijati

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan arahan kepada maskapai dan bandara agar tetap memberlakukan standar protokol kesehatan yang tepat menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan telah menyiapkan empat andara dan berkoordinasi dengan operator maskapai, guna memfasilitasi kepulangan para atlet dan tim official dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Tercatat, ada empat bandara yang disiapkan oleh Kemenhub yakni Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, dan Bandara Mopah di Merauke.

“Pemulangan atlet-atlet PON melalui bandara telah kita pastikan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat baik oleh pihak bandara maupun maskapai. Kita juga telah mengimplementasikan aplikasi Peduli Lindungi dan memastikan semua yang berangkat sudah melakukan vaksin dan tes PCR,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (12/10/2021).

Langkah penyiapan infrastruktur tersebut merupakan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan PON XX di Papua. Dalam evaluasi ini, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN), meminta para menteri, termasuk Menhub, untuk tetap mengawasi para peserta yang masih ada di Papua, hingga H+5 setelah penutupan PON pada 15 Oktober 2021.

Adapun, dalam rapat evaluasi PON XX pada Minggu (10/10/2021), Menko Airlangga juga menjelaskan mekanisme kepulangan atlet dan official telah ditetapkan oleh pemerintah. Di antaranya mereka harus melaksanakan Tes PCR sejak dari keberangkatan (sebelum penerbangan) dari Papua, dan melakukan lagi Tes PCR setelah tiba di Bandara di daerahnya. Mereka juga harus menjalankan Karantina Mandiri selama 5 hari di lokasi yang sudah disiapkan oleh Pemda masing-masing.

Namun, apabila Pemda tidak menyediakan, maka Satgas Covid-19 Pusat akan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Daerah serta KONI Daerah, untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper