Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco E&P Malaka Siapkan US$76,8 Juta untuk Kembangkan Lapangan Gas di Aceh Timur

PT Medco E&P Malaka menyiapkan US$76,8 juta untuk mempertahankan produksi gas dari lapangan Alur Siwah di Blok A, Aceh Timur.
Ilustrasi penampakan proyek pengembangan Lapangan gas Buntal-5 oleh Medco E&P Natuna Ltd. Istimewa - Dok. SKK Migas
Ilustrasi penampakan proyek pengembangan Lapangan gas Buntal-5 oleh Medco E&P Natuna Ltd. Istimewa - Dok. SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – PT Medco E&P Malaka menyiapkan US$76,8 juta untuk mempertahankan produksi gas dari lapangan Alur Siwah di Blok A, Aceh Timur.

Berdasarkan pengumuman rencana pembangunan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), pengembangan lapangan gas itu dilakukan untuk menjaga komitmen penjualan gas bumi (gas sales agreement/GSA) sekitar 48,6 billion british thermal unit per day (BBTUD) untuk industri pupuk di Aceh.

Deputi Perencanaan BPMA Muhammad Mulyawan mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan pengembangan tahap kedua setelah area tersebut mulai berproduksi pada 2018.

“Pengembangan tahap kedua ini adalah untuk mempertahankan laju produksi pada level 72 juta–74 juta standar kaki kubik per hari [MMSCFD],” katanya kepada Bisnis, Selasa (28/9/2021).

Rencananya, Medco E&P akan melakukan pengembangan pengeboran pada tiga sumur tambahan di lapangan tersebut.

Pengembangan Lapangan Gas Alur Siwah terletak di dua kecamatan, yakni Kecamatan Nurussalam dan Indra Makmu, Aceh Timur. Luas tanah yang dibutuhkan dari pengerjaan itu sekitar 19 hektare.

Dalam prosesnya, pengadaan tanah pada tahap pertama telah dimulai sejak Juli–Oktober 2021. Sementara itu, pelaksanaan pengadaan tanah diperkirakan akan dimulai Oktober–Desember 2021.

Mulyawan menuturkan bahwa saat ini pengembangan lapangan telah memasuki tahapan pembebasan lahan. Ditargetkan pada 2022 tahapan berlanjut pada pembuatan lokasi atau site preparation di lokasi pengeboran.

“Serta proses pengajuan FEED [Front End Engineering Design] untuk fasilitas produksi yang kemungkinan besar akan di Tie-In [proses penyambungan pipa] dengan existing facilities yang telah dibangun pada 2018. Diharapkan segala proses sudah terkoneksi dengan produksi yang ada pada kuartal I/2024,” terangnya.

Terkait target penerimaan daerah dari proyek ini, Bisnis telah menghubungi Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Kepala Dinas ESDM Aceh Mahdinur untuk dimintai tanggapan. Namun hingga berita ini diturunkan, keduanya belum memberi respons.

Berdasarkan data BPMA, Blok A masih memiliki cadangan gas lebih dari 450 miliar kaki kubik (BCF). Medco E&P Malaka juga telah memiliki komitmen penjualan gas sebesar 58 BBTUD dengan PT Pertamina (Persero), serta 5 BBTUD melalui nota kesepahaman lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper