Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisruh Rekayasa EoDB, Bos IMF Ungkap Campur Tangan Mantan Presiden Bank Dunia

Dalam sebuah pernyataan kepada dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF), Georgieva menuduh mantan presiden Bank Dunia Jim Kong Kim melakukan manipulasi.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah bertukar souvenir bersama Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva di Washington, AS, Senin (16/11/2020)/ Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah bertukar souvenir bersama Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva di Washington, AS, Senin (16/11/2020)/ Kemenko Marves

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengkritik temuan penyelidikan independen yang menuduh bahwa dirinya sebagai pejabat tinggi Bank Dunia telah menekan staf untuk memanipulasi data Ease of Doing Business atau EoDB sehingga membuat iklim bisnis China tampak lebih cemerlang.

Dia bahkan mengungkapkan temuan itu palsu. Dalam sebuah pernyataan kepada dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF), Georgieva menuduh mantan presiden Bank Dunia Jim Kong Kim melakukan manipulasi.

Dia mengatakan bahwa dirinya telah melakukan intervensi untuk memblokir proposal dari anggota staf Kim untuk memasukkan data Hong Kong dalam peringkat China dalam laporan Doing Business 2018 Bank Dunia. Tindakan ini akan secara signifikan meningkatkan posisi China. Sayangnya, Kim belum menanggapi perihal pernyataan Georgieva tersebut.

Bank Dunia pekan lalu merilis laporan investigasi oleh firma hukum WilmerHale. Ditemukan bahwa para pemimpin bank senior termasuk Georgieva telah menekan staf untuk mengubah data untuk meningkatkan peringkat China dalam laporan Ease of Doing Business karena lembaga tersebut tengah mencari dukungan China untuk peningkatan modal.

Georgieva, yang saat itu menjadi kepala eksekutif Bank Dunia, telah mengecam penyelidikan tersebut secara publik, tetapi dia menjelaskan lebih rinci dalam pernyataan itu kepada dewan eksekutif IMF.

"Temuan penyelidikan berisi sindiran palsu dan palsu ... bahwa rekan-rekan saya dan saya di Bank Dunia akan menaikkan peringkat Doing Business suatu negara dengan imbalan komitmen modal," ujarnya dalam transkrip yang dikutip dari Channel News Asia (CNA) dan Reuters.

"Untuk lebih jelasnya: tidak ada hal seperti itu yang terjadi dan tidak akan pernah terjadi hal seperti itu di bawah kepemimpinan saya," katanya.

Georgieva mengatakan upayanya untuk mencegah data Hong Kong ditambahkan ke peringkat Doing Business China menunjukkan kepeduliannya untuk menjaga integritas data Bank Dunia.

Ekonom Bulgaria tersebut merupakan orang pertama dari negara berkembang yang mengepalai Bank Dunia. Georgieva sendiri telah menghadapi seruan agar dia mengundurkan diri karena masalah ini, meskipun mantan rekannya telah berbicara untuk mendukungnya.

Dewan IMF bertemu pada hari Selasa untuk mendengar laporan awal dari komite etika dan setuju untuk segera bertemu lagi.

Ketua Komite Jasa Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat AS Maxine Waters, pada hari Jumat (24/9/2021) mengatakan temuan yang merinci pengaruh China di Bank Dunia dan peran Georgieva dalam memanipulasi data 'Doing Business' atas perintah pemerintah China menjadi hal yang sangat meresahkan.

"Ini telah merusak reputasi Bank Dunia, dan juga mempertanyakan kepemimpinan IMF saat ini, di mana integritas data sangat penting untuk misinya, dan di mana pengaruh yang tidak semestinya oleh kekuatan yang mementingkan diri sendiri dapat menempatkan stabilitas. sistem keuangan global terancam," kata Waters.

Presiden Bank Dunia saat ini, David Malpass mengatakan temuan penyelidikan WilmerHale berbicara sendiri atau terpisah dari Bank Dunia. Tetapi, Malpass pun belum berkomentar lebih rinci terkait hal tersebut.

Georgieva mengatakan penyelidikan WilmerHale salah menyimpulkan bahwa dia meminta pejabat bank untuk mengelola ekspektasi China tentang peringkatnya dalam laporan Doing Business karena dia khawatir China dapat menahan dukungan untuk peningkatan modal.

Georgieva mengatakan dia menyesal bahwa rekan-rekan di Bank Dunia tidak percaya bahwa mereka dapat berbicara untuk mengangkat masalahnya dengan dirinya secara langsung tentang integritas data dan dia berkomitmen untuk membina komunikasi yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper