Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Mulai Bangun Tol Solo–Yogyakarta–Yogyakarta Internasional Airport

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah memulai pembangunan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 96,57 kilometer.
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo. /PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo. /PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah memulai pembangunan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 96,57 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dibangunnya jalan tol yang menghubungankan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu diharapkan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri, barang, maupun jasa karena akan tersambung dengan Tol Trans-Jawa ruas Semarang–Solo.

Selain itu, jalan tol tersebut juga meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di sekitar wilayah Jawa bagian selatan, seperti Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif itu dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi, serta meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas, terutama arus komoditas,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (24/9/2021).

Pembangunan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–Bandara YIA Kulon Progo terdiri dari tiga seksi, yakni seksi I yang menghubungkan Kartosuro–Purwomartani sepanjang 42,37 kilometer yang saat ini sudah dalam tahap konstruksi dengan progres fisik 2,07 persen.

“Pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dengan target ruas Solo–Klaten selesai September 2022,” tuturnya.

Selanjutnya, untuk seksi II Purwomartani–Gamping sepanjang 23,43 kilometer dan Seksi III Gamping–Purworejo sepanjang 30,77 kilometer masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik, dengan target selesai 2024.

Secara keseluruhan Tol Solo–Yogyakarta–Bandara YIA Kulon Progo memiliki sembilan simpang susun yang berada di sepanjang wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tol Solo–Yogyakarta–Bandara YIA Kulon Progo dikelola oleh BUJT PT Jogjasolo Marga Makmur dengan biaya investasi sekitar Rp26,63 triliun, dan memiliki masa konsesi 40 tahun sejak SPMK.

Penyelesaian seksi I Kartosuro–Purwomartani yang menghubungkan Trans-Jawa ruas Semarang–Solo diharapkan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah segitiga emas Yogyakarta–Solo–Semarang (Joglosemar).

Sementara untuk seksi II dan III juga diyakini dapat  berdampak positif pada kelancaran arus lalu lintas di wilayah Sleman–Yogyakarta–Wates–Purworejo, serta menciptakan efek berganda bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya, khususnya pariwisata di kawasan DPSP Borobudur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper