Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembahasan Hampir Final, Lagoi Bintan dan Nongsa Batam Siap Dibuka Terbatas

Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah berulang kali rapat dengan Pemerintah Singapura untuk membahas persiapan pembukaan perbatasan secara terbatas.
Pengunjung berwisata mengenakan masker di Kepri Coral, Kota Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. ANTARA
Pengunjung berwisata mengenakan masker di Kepri Coral, Kota Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Kepulauan siap membuka terbatas destinasi wisata Lagoi Bintan dan Nongsa Batam untuk wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar optimistis pembukaan wisata ini berlangsung aman karena kasus Covid-19 sudah jauh berkurang dan vaksinasi Covid-19 mulai meluas.

"Kasus Covid-19 sudah jauh menurun. Bahkan dua hari yang lalu di Batam nihil tambahan kasus Covid-19," kata Buralimar, dikutip dari tempo.co, Rabu (22/9/2021).

Mengenai vaksinasi, dia menjelaskan sebanyak vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah diberikan kepada 79 persen sasaran. Adapun vaksinasi dosis kedua sebanyak 45 persen.

Terlebih berbagai layanan akomodasi, seperti hotel, resor, restoran, dan destinasi wisata, menurut Buralimar, telah menerapkan protokol kesehatan dan mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata.

Di Lagoi misalkan, para pengelola juga menyiapkan blue pass sebagai alat pelacak kontak erat Covid-19 dan akses barcode.

"Kami menawarkan untuk membuka layanan wisata bagi pengelola yang sudah siap dan seluruh karyawannya telah mendapatkan vaksinasi. Tetap harus disiplin protokol kesehatan," katanya.

Buralimar menambahka, pengelola destinasi wisata juga sudah mengetahui apa yang harus dilakukan saat ada tamu atau wisatawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Mereka bisa menjalani karantina di resor di Lagoi dan Nongsa. Sebab kawasan itu sekaligus tempat karantina," tambahnya.

Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, menurut Buralimar, sudah berulang kali rapat dengan Pemerintah Singapura untuk membahas persiapan pembukaan perbatasan secara terbatas atau travel bubble.

"Saat ini pemerintah sedang merancang nota kesepahaman di antara dua negara untuk melonggarkan pembatasan perjalanan orang antar-negara melalui Lagoi dan Nongsa," katanya.

Tahapan pembahasan, Buralimar melanjutkan, sudah hampir final di tingkat kementerian dan lembaga, kemudian dibawa ke level yang lebih tinggi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper