Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingat! Besok KA Bandara YIA Mulai Berbayar, Ini Tarifnya

KA Bandara YIA akan berbayar mulai besok usai masa sosialisasi kepada masyarakat berakhir.
KA Bandara YIA./ Dok. Istimewa
KA Bandara YIA./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masa sosialisasi tarif Rp0 untuk layanan Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) berakhir hari ini. Mulai besok (17/9/2021), masyarakat yang hendak menggunakan layanan tersebut harus membayar sesuai tarif yang ditetapkan.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Joni Martinus mengatakan setelah masa sosialisasi berakhir, tiket KA Bandara YIA dapat dipesan melalui KAI Access dengan diberlakukan tarif promo.

"Tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta mulai 17 September yaitu Stasiun Yogyakarta - Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000, Stasiun Yogyakarta - Stasiun Wates sebesar Rp10.000, dan Stasiun Wates - Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (16/9/2021).

Joni menjelaskan, KA Bandara YIA beroperasi delapan kali sehari yang menghubungkan Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta.

Bagi calon pelanggan yang ingin menggunakan layanan ini, lanjutnya, diharuskan untuk sudah divaksin minimal dosis pertama. Untuk dokumen Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), Surat Tugas, atau surat keterangan lainnya sudah tidak lagi menjadi syarat perjalanan.

"Hal ini sesuai SE Kemenhub No. 69/2021, yakni KA Bandara Internasional Yogyakarta termasuk KA Lokal," jelasnya.

Sementara itu bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, Joni menyebut yang bersangkutan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selain itu, sambung dia, pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun masih tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan Kereta Api.

Sebagai informasi, perjalanan dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta dengan KA Bandara YIA akan menempuh jarak 40,2 km dengan waktu perjalanan dapat dipotong dari 1,5 jam menjadi hanya 39 menit saja.

Dalam rangka mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara tersebut, PT KAI memberlakuan tarif Rp0 sejak 1 September 2021 sampai dengan 16 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper