Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelni: Muatan di Rute Tol Laut Tembus 88,56 Persen

Pelni mencatatkan kinerja muatan yang moncer pada rute Tol Laut dengan mencapai rata-rata 88,56 persen hingga Agustus 2021.
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni (Persero) dinyatakan menjadi salah satu operator tol laut dengan Load Factor Terbaik oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Direktur Utama Pelni Insan Purwarisya L Tobing mengatakan kapal-kapal tol laut ini beroperasi dengan pola reguler linier service. Dengan penerapan pola ini, tentunya dapat mendorong perdagangan antar pulau sehingga perekonomian dan perdagangan di wilayah tersebut dapat tumbuh.

Menurutnya pada tahun keenam penugasan tol laut sejak 4 November 2015, kepercayaan masyarakat terus tumbuh untuk memanfaatkan tol laut. Kolaborasi juga terus dijalankan dengan Pemerintah Daerah dan para pelaku industri sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar mereka.

“Data Perusahaan menunjukkan bahwa keterisian muatan load factor rata-rata hingga Agustus 2021 mencapai 88,56 persen untuk sembilan rute tol laut. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pada 2020 di periode yang sama sebesar 58 persen,” ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Adapun dari sembilan trayek tol laut, rute dengan load factor tertinggi adalah T-10 sebesar 197 persen, dengan total 2.123 TEUs dan T-13 sebesar 120 persen dengan total 1.355 TEUs. T-10 (KM Logistik Nusantara 5) melayani rute Tg. Perak – Tidore – Morotai – Galela – Maba/Buli – Weda – Tg.Perak dan T-13 (KM Logistik Nusantara 3) melayani rute Tg. Perak - Makassar- Jailolo - Morotai - Tg. Perak.

Hingga Agustus 2021, Pelni telah mengangkut muatan sebanyak 8.164 TEUs yang terdiri dari 5.126 TEUs muatan berangkat dan 3.038 TEUs muatan balik. Jika dibandingkan dengan pada 2020 pada periode yang sama, muatan hingga Agustus 2021 naik sebesar 68 persen atau sebanyak 3.316 TEUs.

Sebelumnya, pada 2020 Pelni juga telah menerima penghargaan program tol laut dari Kementerian Perhubungan yaitu Operator BUMN dengan Load Factor Terbanyak Semester 1 Kegiatan Pelayanan Angkutan Khusus Ternak dan Operator dengan Muatan Terbanyak Semester 1 Kegiatan Tol Laut.

Sebagai informasi, pada 2021 Pelni mendapatkan kepercayaan Pemerintah untuk menjalankan sembilan trayek tol laut. Di antaranya, trayek T-19 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 2 dengan rute Merauke – Pomako - Kokas – Sorong – Supriori/Biak – Depapre/Jayapura . Kemudian Trayek T-15 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 3 dengan rute Tg. Perak - Makassar- Jailolo - Morotai - Tg. Perak.

Selanjutnya, Trayek T-3 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 4 dengan rute Tg. Priok - Patimban - Kijang - Tarempa - Pulau Laut - Natuna - Subi - Serasan - Midai - Tg. Priok. Lalu, Trayek T-10 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 5 dengan rute Tg. Perak - Tidore - Morotai - Galela - Maba - Weda - Tg. Perak.

Trayek kelima yakni, Trayek H-1 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 6 dengan rute Tg. Perak - Makassar - Tahuna - Tg. Perak. Berlanjut ke trayek keenam yakni Trayek T-14 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 7 dengan rute Tg. Perak - Lewoleba - Larantuka - Tg. Perak.

Tak hanya itu, adapula Trayek T-13 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 11 dengan rute Tg. Perak- Rote - Sabu - Tg. Perak. Trayek T-18 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 8 dengan rute Tg. Perak - Badas - Bima - Tg. Perak . Terakhir Trayek T-5 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 1 dengan rute Bitung - Ulusiau - Tahuna - Tagulandang - Lirung/Melonguane - Miangas - Marore - Tahuna - Bitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper