Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Didukung Pemerintah, Penggunaan PLTS Atap Diyakini Terus Meningkat

Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) optimistis pemasangan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap akan mengalami peningkatan di Indonesia seiring dengan upaya percepatan melalui regulasi pemerintah dan dukungan pemilik modal.
Siswa memasang panel surya di atas gedung SMK Prakarya Internasional, Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018)./JIBI-Rachman
Siswa memasang panel surya di atas gedung SMK Prakarya Internasional, Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) optimistis pemasangan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap akan mengalami peningkatan di Indonesia seiring dengan upaya percepatan melalui regulasi pemerintah dan dukungan pemilik modal.

“Peminat PLTS atap, terutama dari kalangan industri sudah mulai meningkat. Minat ini akan terus tumbuh seiring dengan munculnya kesadaran industri untuk menghasilkan green product dengan mengoptimalkan konsumsi listrik dari energi terbarukan,” kata Ketua AESI Fabby Tumiwa dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Fabby menyampaikan, pemerintah perlu mendukung realisasi pemanfaatan energi terbarukan melalui regulasi agar seluruh masyarakat bisa ikut serta dalam mencapai target pemanfaatan energi bersih dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Menurut dia, penggunaan PLTS atap makin diminati oleh pelaku industri karena adanya kecenderungan konsumen untuk mengkonsumsi produk hijau yang harus dipenuhi industri, salah satunya dari penggunaan sumber energi bersih PLTS.

“Tidak hanya perusahaan global yang mulai memperhatikan penggunaan listrik bersih untuk operasionalnya, tetapi perusahaan lokal juga semakin banyak yang mulai mengembangkan industri hijau,” ujarnya.

Dalam refleksi empat tahun Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA), kapasitas terpasang PLTS atap terus mengalami peningkatan sejak 2018 dengan kontribusi sebesar 21 persen atau setara 46 megawatt peak (MWp) dari total kapasitas terpasang PLTS.

Pada 2025, pemerintah menargetkan kapasitas terpasang PLTS atap mencapai 3,6 gigawatt (GW) yang akan disuplai oleh sektor industri dan rumah tangga.

Managing Director Xurya Daya Indonesia menuturkan bahwa tingginya minat pelaku industri terhadap instalasi PLTS atap juga seiring dengan meningkatnya konsumsi produk hijau melalui penggunaan energi listrik dari pembangkit energi terbarukan.

“Kini konsumen juga semakin kritis terhadap produk yang dikonsumsinya, apakah proses produksi dan operasionalnya memiliki dampak yang merugikan bagi lingkungan atau tidak,” tutur Eka Himawan.

Penggunaan PLTS atap dalam kegiatan operasional telah dilakukan oleh pelanggan-pelanggan Xurya. Perusahaan tersebut telah berkomitmen dalam penggunaan energi bersih dan semakin diperkuat dengan penandatanganan dukungan GNSSA, seperti yang dilakukan oleh PT MGM Bosco Logistics, PT Suri Nusantara Jaya, dan PT Nusa Toyotetsu Corp.

Kemudian ada juga Hotel Santika Premiere Bandara Palembang, PT Platinum Ceramics Industry, Global Sevilla School, Bandung Televisi Indonesia, PT Softex Indonesia, PT Indahtex Utama, PT Bina Niaga Multiusaha, PT Vastland Indo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper