Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi RI Kuartal III/2021 Diperkirakan Tumbuh 3,5 Persen

Ekonomi RI sudah mulai kembali menggeliat sejak Agustus 2021. Hal itu dilihat dari indeks mobilitas yang meningkat.
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memperkirakan ekonomi kuartal III/2021 akan tumbuh sebesar 3,5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan perlambatan pertumbuhan ekonomi tersebut tidak lepas dari PPKM Darurat dan level 3-4 sejak Juli lalu.

"Ini yang harus kita antisipasi jadi naik turunnya perekonomian, dan kasus Covid-19 yang arahnya harusnya makin lama makin kecil. Pola yang selalu kita temui ketika kasus Covid-19 mulai mereda, restriksi dilonggarkan, ekonomi naik. Kemudian begitu mobilitas naik, kasus naik lagi. Kemudian, diketatkan lagi [pembatasan] turun lagi ekonominya," jelas Andry pada acara Macroeconomic Outlook 2021 Bank Mandiri "Ekonomi Indonesia 2021-2022: Menjaga Momentum Pertumbuhan" secara virtual, Kamis (9/9/2021).

Andry menyebut pihaknya melihat ekonomi RI sudah mulai kembali menggeliat sejak Agustus 2021. Hal itu dilihat dari indeks mobilitas yang meningkat seiring dengan pelonggaran PPKM secara bertahap oleh pemerintah.

"Jadi peak terendahnya itu memang dari awal sampai akhir Juli yang lalu," tambahnya.

Dia menyampaikan, jika nantinya pandemi bertransisi menjadi endemi, maka diharapkan pergerakan angka kasus Covid-19 tidak mengalami volatilitas yang tinggi. Pasalnya, hal itu menyebabkan pemerintah harus bolak-balik dalam mengetatkan dan melonggarkan pembatasan mobilitas.

Andry menyebut dukungan dan bantuan untuk mengatasi hal tersebut datang dari vaksinasi yang bisa mengurangi tingkat keparahan pada orang yang menderita Covid-19.

"Sehingga tidak sampai pembatasannya semakin masif. Jadi semisal ada pembatasan bisa [dilokalisasi] di beberapa area saja. Ini yang bisa jadi support untuk pertumbuhan ekonomi," tutur Andry.

Adapun, pada akhir tahun 2021, Bank Mandiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi mencapai 3,69 persen (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper