Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Program Sejuta Rumah, Perumnas Siapkan 3 Hunian TOD

Perum Perumnas berkomitmen untuk mendukung Program Sejuta Rumah melalui penyelesaian hunian di tiga lokasi kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD).
Gedung Perum Perumnas./Antara
Gedung Perum Perumnas./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Perum Perumnas berkomitmen untuk mendukung Program Sejuta Rumah melalui penyelesaian hunian di tiga lokasi kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD).

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan bahwa hunian dengan konsep TOD akan menjadi katalis yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia menuturkan, Animo masyarakat sangat tinggi pada hunian terintegrasi transportasi KRL Jabodetabek yang dibangun oleh Perumnas.

Hal itu karena letak dan konsepnya didukung dengan captive market yang cocok untuk milenial dan konsumen perumahan dengan mobilitas tinggi.

“Inovasi seperti inilah yang kami suguhkan kepada masyarakat melalui hunian TOD Perumnas, saat ini kepemilikan hunian dengan konsep seperti itu akan mengubah paradigma pembangunan yang tidak lagi berorientasi pada kendaraan pribadi, melainkan pada penggunaan transportasi massal dan pejalan kaki untuk menunjang kebutuhan mobilitasnya,” kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Adapun, tiga hunian TOD yang akan diselesaikan Perumnas untuk mendukung Program Sejuta Rumah adalah Samesta Mahata Serpong di Stasiun Rawa Buntu Tangerang Selatan, Samesta Mahata Margonda di Stasiun Pondok Cina Depok, dan Samesta Mahata Tanjung Barat di Stasiun Tanjung Barat Jakarta.

Menurutnya, Perumnas tengah menyiapkan alokasi modal kerja yang cukup besar melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah disalurkan oleh Pemerintah untuk percepatan pembangunan perumahan di Indonesia.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa hunian dengan luas dan tipe beragam yang dilengkapi dengan fasilitas memadai dapat menunjang kebutuhan keseharian dari konsumen TOD.

Rencananya, jumlah unit yang akan dibangun Perumnas di Samesta Mahata Serpong sebanyak 743 unit, Samesta Mahata Tanjung Barat sebanyak 1.216 unit, dan Samesta Mahata Margonda sebanyak 940 unit.

Menurutnya, konsep hunian terintegrasi transportasi massal dari Perumnas tidak hanya diimplementasikan pada tipe hunian rumah susun, tetapi juga pada tipe hunian rumah tapak yang terdapat pada lokasi Samesta Parayasa Bogor dan kawasan Nusa Dua Bekala Medan.

“Misi kami untuk menyediakan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah, oleh karena itu Perumnas menyediakan slot hingga 20 persen unit hunian subsidi di setiap proyek Perumnas, sebagai bentuk penugasan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper