Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Hotel Pilihan Utama Staycation Warga Jakarta

Hotel bintang 5 menjadi pilihan utama warga Jakarta untuk staycation pada kuartal II tahun ini. Sementara itu, masa karantina untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dan penduduk lokal yang baru pulang dari luar negeri merupakan porsi yang signifikan untuk permintaan hotel bintang 3 dan 4.
Ilustrasi hotel./Reuters
Ilustrasi hotel./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Hotel bintang 5 paling menarik untuk staycation warga Jakarta dengan pertumbuhan hunian 7,8 persen dan average daily rate (ADR) Rp1.601.341 pada kuartal II/2021, sementara pasar hotel tetap prospektif begitu gelombang pandemi terkendali.

Menurut hasil penelitian konsultan Leads Property Services Indonesia, sebagai pilihan untuk staycation, hotel bintang 3 dan hotel bintang 4 menyusul dengan pertumbuhan 4,7 persen dan 1,3 persen, masing-masing dengan ADR menjadi Rp352.281 dan Rp528.764.

Masa karantina untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dan penduduk lokal yang baru pulang dari luar negeri merupakan porsi yang signifikan untuk permintaan di dua kelas hotel tersebut.

“Dengan tingkat hunian rata-rata meningkat, demikian pula average daily rate (ADR) tertimbang, dengan peningkatan 7,9 persen menjadi Rp992.308 pada kuartal II/2021,” tulis hasil kajian Leads.

Distribusi Pasokan Hotel di Jakarta

Ini Hotel Pilihan Utama Staycation Warga Jakarta

Sumber: Leads Property Services Indonesia

Leads Property mengemukakan tidak ada pasokan baru yang tercatat pada kuartal II/2021 sehingga total pasokan di Jakarta tetap di level 54.269 kamar.

Dua hotel mengalami rebranding selama kuartal II yaitu Aston Rasuna Jakarta sebagai Horison Suites & Residence Rasuna serta The BnB Jakarta Kelapa Gading menjadi 101 Urban Jakarta Kelapa Gading.

Didorong oleh percepatan peluncuran vaksin dan peningkatan pemilihan paket staycation terutama di tengah liburan sekolah, tingkat okupansi secara keseluruhan tumbuh 5,90 poin persentase menjadi 48 persen.

Dengan optimisme awal yang mendasari pasar karena permintaan kembali dan hunian menguat, pasar hotel di Jakarta telah dijadwalkan untuk menyambut pembukaan dari beberapa merek utama pada kuartal III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper