Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag: Waralaba Makanan Seperti Subway Banyak Diminati

Kemendag menyebut waralaba bisnis makanan dan minuman memiliki daya tarik bagi pasar Indonesia.
Ilustrasi franchise
Ilustrasi franchise

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan menyebutkan Indonesia masih memiliki daya tarik besar untuk usaha-usaha baru, terutama di bisnis makanan dan minuman.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan berharap kehadiran merek-merek asing seperti Subway bisa dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku usaha di Tanah Air.

“Konsep bisnis waralaba di bidang kuliner tetap menjadi yang paling banyak diminati masyarakat. Terdapat potensi yang membuat bidang usaha kuliner dapat terus berkembang,” kata Oke kepada Bisnis.com, Selasa (24/8/2021).

Potensi perkembangan bisnis waralaba di bidang makanan dan minuman, kata Oke, mencakup potensi pasar yang besar dan posisi makanan dan minuman sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Selain itu, tingkat risiko usaha makanan dan minuman dia sebut juga cenderung rendah dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

“Ini berpotensi meningkatkan konsep bisnis waralaba di bidang kuliner,” kata dia.

Sampai Juli 2021, Kementerian Perdagangan tercatat telah menerbitkan 4 surat tanda penerbitan waralaba (STPW) yang terdiri atas 1 STPW waralaba luar negeri dan 3 STPW dari dalam negeri. Oke enggan memperjelas apakah terdapat merek waralaba asing atau lokal lainnya yang mengajukan penerbitan STPW baru.

“Prinsipnya kami lebih mendorong pemanfaatan waralaba yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan pelaku usaha. Tidak menutup kemungkinan waralaba luar negeri,” kata Oke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper