Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Mudah Lihat Jadwal dan Pesan Tiket KA via KAI Access

KAI melakukan pembatasan dan juga pembatalan sejumlah relasi kereta. Alhasil, calon penumpang harus memeriksa terlebih dahulu apakah kereta yang akan digunakan beroperasi atau tidak pada saat PPKM Level 4.
Pekerja membersihkan area Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pekerja membersihkan area Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, BANDUNG - PT KAI (Persero) kembali memberlakukan aturan baru terkait perjalanan menggunakan kereta api selama PPKM Level 4 yang berlaku hingga 16 Agustus 2021.

Meski demikian, Bisnis akan membagikan cara mudah memesan tiket kereta api jarak jauh maupun lokal agar tidak usah repot-repot datang ke stasiun.

Untuk diketahui, KAI melakukan pembatasan dan juga pembatalan sejumlah relasi kereta. Alhasil, calon penumpang harus memeriksa terlebih dahulu apakah kereta yang akan digunakan beroperasi atau tidak pada saat PPKM Level 4 kali ini.

Berikut cara mudah memesan tiket Kereta Api secara online melalui aplikasi KAI Access yang bisa didapatkan di Google Play atau App Store. 

  1. Pastikan anda sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama untuk melakukan perjalanan di masa PPKM Level 4 ini.
  2. Selanjutnya jangan lupa untuk terlebih dahulu mengunduh aplikasi KAI Access untuk memesan tiket perjalanan kereta api.
  3. Setelah aplikasi diunduh, pengguna tinggal melakukan registrasi dengan mengisikan nama lengkap, nomor identitas, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, alamat domisili sesuai dengan yang tertera di KTP dan kata sandi.
  4. Setelah anda mendapatkan pemberitahuan konfirmasi pendaftaran, anda tinggal mencari kota asal dan kota tujuan lalu pilih juga waktu keberangkatan dan jumlah tiket. Setelah anda memasukkan semuanya, maka aplikasi akan memunculkan pilihan jenis kereta dan jadwal keberangkatan kereta yang tersedia.
  5. Saat memesan tiket kereta api online anda akan mendapat pilihan layanan, seperti kereta api antar kota atau provinsi, kereta lokal dan kereta bandara.Anda hanya tinggal memilih salah satunya.
  6. Setelah itu, maka akan muncul kolom konfirmasi tiket pesanan anda lengkap dengan keterangan jenis kereta, kota asal dan tujuan serta jadwal keberangkatan, anda hanya tinggal mencentang kolom persetujuan dan klik opsi lanjut.
  7. Setelah itu akan muncul laman konfirmasi data penumpang. Jika data tersebut merupakan data anda dan sama dengan apa yang ada di aplikasi anda tinggal mencentang kolom "sama dengan pemesan".
  8. Jika anda memesankan tiket untuk orang lain atau memesan tiket lebih dari satu, anda diharuskan untuk mengisi terlebih dahulu data diri penumpang seperti nama dan nomor identitas atau KTP.
  9. Setelah selesai dan dipastikan data pemesanan tiket kereta api sudah benar, maka anda tinggal klik opsi pembayaran. Pada kereta tujuan jarak jauh bisa melakukan pembayaran melalui Kantor Pos, LinkAja, ATM, Mobile Banking, dan gerai ritel bekerjasama dengan KAI Access. Sementara itu, untuk kereta api lokal dan kereta api bandara sementara pembayaran daring hanya bisa dilayani melalui LinkAja.
  10. Setelah selesai melakukan pembayaran, anda secara otomatis akan mendapatkan e-Boarding Pass yang biasanya bisa berupa PDF yang dikirim ke alamat email terdaftar. Atau e-Boarding tersebut bisa anda unduh di bagian menu 'My Trips'.
  11. Setelah itu anda hanya tinggal datang ke counter stasiun sebelum keberangkatan untuk mencetak tiket tersebut secara mandiri.

Berikut adalah langkah mudah untuk melakukan pemesanan tiket kereta api secara daring. Sebelum melakukan perjalanan atau pemesanan tiket, anda harus memastikan terlebih dahulu persyaratan anda untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper