Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sewa Hunian Ekspatriat Masih Sedikit Naik Meski Dihantam Covid

Pasar hunian untuk ekspatriat baik rumah tapak maupun bangunan vertikal masih dihantam pandemi Covid-19. Meski demikian, di daerah populer, sewa masih sedikit meningkat.
Deretan apartemen di Jakarta dalam foto file 2017./Reuters
Deretan apartemen di Jakarta dalam foto file 2017./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi virus Covid-19 menekan pasar hunian untuk ekspatriat dan memaksa pemilik properti lebih fleksibel untuk mempertahankan penyewa mereka meski di daerah populer harga masih sedikit naik.

Konsultan properti Colliers Indonesia menyatakan pandemi mengakibatkan kondisi belum pasti bagi sektor bisnis dan itu memengaruhi jumlah tenaga kerja asing (TKA).

Selanjutnya, kata Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers Indonesia, kondisi itu memengaruhi permintaan hunian kelas atas, baik rumah tapak maupun bangunan vertikal, yang biasa menjadi sasaran tempat tinggal ekspatriat.

Dia mengemukakan bahwa mereka belum melihat adanya peningkatan di pasar. Jumlah ekspatriat yang masuk ke Indonesia sangat terbatas, karena Imigrasi membatasi pendatang baru karena varian baru virus Covid-19.

“Para ekspatriat yang baru datang ke Indonesia biasanya hanya untuk melakukan survei lokasi sebelum masa kerja mereka dimulai. Hanya sedikit dari mereka yang datang dan langsung bekerja. Kebanyakan dari mereka lajang atau pasangan yang belum membawa keluarga,” ungkapnya.

Ferry menambahkan perusahaan telah mendesak mereka untuk datang sendiri karena terlalu berisiko dan mahal untuk membawa keluarga dalam situasi saat ini.

Sementara itu, mengenai harga, harus dilihat kasus per kasus. Di daerah yang lebih populer, harga yang diminta masih terlihat sedikit naik, sedangkan di daerah yang kurang populer, harganya cenderung turun.

Banyak perusahaan yang memperketat anggarannya, baik dengan membatasi anggaran sewa maupun membatasi jumlah anggota keluarga yang akan datang. Akibatnya, beberapa ekspatriat pindah ke unit yang lebih kecil juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper