Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Induk Usaha Rumah.com Melantai di Bursa New York

PropertyGuru merupakan perusahaan teknologi properti atau PropTech di Asia Tenggara yang didirikan sejak 2007.
Logo PropertyGuru. /ProperyGuru
Logo PropertyGuru. /ProperyGuru

Bisnis.com, JAKARTA — PropertyGuru, induk usaha Rumah.com bersama Bridgetown 2 mengumumkan telah menandatangani kesepakatan kombinasi bisnis dimana perusahaan gabungan diharapkan bisa didaftarkan di New York Stock Exchange (NYSE).

Sebagai informasi, Bridgetown 2 merupakan sebuah perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang didirikan oleh Pacific Century Group dan Thiel Capital LLC. 

Sementara itu, PropertyGuru merupakan perusahaan teknologi properti atau PropTech di Asia Tenggara yang didirikan sejak 2007. PropertyGuru telah berkembang menjadi marketplace properti digital nomor satu di Asia Tenggara dengan posisi terdepan di Singapura, Vietnam, Malaysia dan Thailand. 

Perusahaan saat ini memiliki lebih dari 2,8 juta listing real estat bulanan dan melayani 37 juta pencari properti bulanan dan 49.000 agen properti aktif di lima negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

PropertyGuru menyediakan marketplace properti digital untuk menghubungkan pembeli atau penyewa dengan penjual atau pemilik hunian, layanan pemasaran digital untuk agen dan pengembang properti, otomatisasi proses penjualan berbasis SaaS untuk pengembang properti, pasar hipotek digital dan broker, dan layanan konsultasi data properti untuk bank, appraisal, dan pengembang properti. 

Model bisnis PropTech yang dijalankan Perusahaan memanfaatkan data dan teknologi eksklusif untuk mendorong transparansi dan efisiensi yang lebih besar di pasar dan menghadirkan platform tepercaya untuk agen, konsumen, pengembang, dan bank.

Pertumbuhan bisnis PropertyGuru yang tinggi menghasilkan pertumbuhan pendapatan tahunan rata-rata sekitar 25 persen selama empat tahun terakhir sebelum pandemi Covid-19.

Chief Executive Officer and Managing Director PropertyGuru Group Hari V. Krishnan mengatakan pihaknya telah membangun posisi kepemimpinan pasar di ekosistem properti Asia Tenggara dan rekam jejak pertumbuhan pendapatan. 

Kesuksesan perusahaan sebagian besar adalah hasil dari investasi dalam teknologi selama bertahun-tahun dan menangkap peluang pertumbuhan strategis belakangan ini.

"Kami memiliki cerita untuk disampaikan dan menemukan mitra yang tepat untuk membantu kami menyampaikannya kepada investor pasar publik. Kami senang bermitra dengan Bridgetown 2 karena bisa mempercepat misi perusahaan untuk menjadi penasihat properti tepercaya," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (26/7/2021). 

Menurutnya, proses menjadi perusahaan publik ini akan memberi sumber daya keuangan yang lebih besar untuk melakukan yang terbaik yakni membantu orang menemukan, membiayai, dan memiliki rumah mereka dengan cara yang efisien dan transparan. 

Pihaknya meyakini langkah-langkah strategis dan proaktif yang telah diambil selama 18 bulan terakhir akan memungkinkan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam kebutuhan pasar yang terus berkembang, yang semakin dibentuk oleh pertumbuhan populasi yang makmur dan berkemampuan digital yang tinggal di kota-kota di seluruh Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper