Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benih Lobster Boleh Ditangkap, Tapi Tak Boleh Diekspor. Kok Bisa?

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan benih bening lobster yang boleh ditangkap adalah hanya untuk budidaya dalam negeri.
Benih lobster/Antara-Umarul Faruq
Benih lobster/Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Muhammad Zaini mengatakan benih bening lobster (BBL) tidak boleh diperdagangkan untuk ekspor.

Larangan tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2021.

"Benih bening lobster tidak boleh diperdagangkan untuk diekspor. Boleh ditangkap, tapi hanya untuk kepentingan riset dan budidaya. Itu yang paling prinsip dalam Permen 17 ini," kata Zaini, dikutip dari tempo.co, Selasa (13/7/2021).

Dia mengatakan ada beberapa hal yang diatur terkait pelarangan benih bening lobster. BBL yang boleh ditangkap adalah hanya untuk budidaya dalam negeri.

Kemudian yang lobster ukuran dewasa masih sama aturannya, yakni pada jenis lobster pasir lebih dari 6 cm, berat di atas 150 gram. Kemudian jenis lainnya di atas 200 gram.

"Ini kami anggap lobster dewasa. Ini bagus untuk budidaya. Karena kalau lobster muda ini bisa ditangkap maka akan mengurangi gairah untuk melanjutkan daya, karena cenderung akan terjadi eksploitasi terhadap lobster muda," ujarnya.

Lobster muda, kata dia, tidak boleh ditangkap karena sudah bagus untuk berkembang di alam.

"Karena itu kami larang. Budidaya itu benih kemudian dibudidayakan," kata dia.

Mengenai kuota penangkapan BBL, kata dia, sudah ditetapkan Komisi Nasional Pengkajian Sumber Daya Ikan. Kemudian alat penangkap yang boleh digunakan bersifat pasif, tidak boleh bersifat aktif.

Dia juga mengatakan yang boleh menangkap hanya nelayan kecil. Tidak boleh menangkap benih lobster ini dengan kapal di atas 5 GT.

"Harus gunakan kapal kecil dan nelayan kecil. Syaratnya harus terdaftar dan berizin di dinas kelautan dan perikanan. Jadi izin sekarang sudah simpel, cukup dia memiliki nomor induk berusaha, setelah itu dia patuh terhadap standar yang ditetapkan pemerintah," kata Zaini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper