Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Bakal Merangkak Naik di China dan Asia pada 2022

Harga konsumen China akan naik sekitar 80 basis poin tahun depan, terbesar di Asia, diikuti oleh Indonesia yang terlihat meningkat tiga perempat poin persentase.
Residensial dan perkantoran di Beijing, China./Reuters/Jason Lee
Residensial dan perkantoran di Beijing, China./Reuters/Jason Lee

Bisnis.com, JAKARTA - Pembatasan virus yang diperbarui di seluruh Asia telah melemahkan belanja konsumen, tetapi inflasi mungkin terus meningkat lebih tinggi di beberapa ekonomi terbesar di kawasan ini.

Dilansir Bloomberg, Rabu (7/7/2021), menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, harga konsumen China akan naik sekitar 80 basis poin tahun depan, terbesar di Asia, diikuti oleh Indonesia yang terlihat meningkat tiga perempat poin persentase. Analis melihat penurunan harga terbesar di Filipina, di mana inflasi terlihat turun 1,2 poin persentase.

Jalur inflasi yang berbeda akan menentukan langkah di mana otoritas moneter Asia mulai mengurangi stimulus era pandemi. Di Korea Selatan, di mana indeks harga konsumen mencapai 2,4 persen bulan lalu, bank sentral diperkirakan akan mulai menaikkan suku bunga tahun ini. Reserve Bank of Australia tampaknya akan menaikkan suku bunga pada 2023.

Lonjakan biaya komoditas impor telah mendorong inflasi pabrik China ke level tertinggi sejak 2008, sementara harga jual ke konsumen cukup stabil.

Tren ini kemungkinan akan berbalik tahun depan, dengan inflasi konsumen diperkirakan akan meningkat menjadi 2,3 persen dari 1,5 persen tahun ini, sementara harga produsen melambat menjadi 1,9 persen.

Belanja konsumen di China akan mendapatkan pijakan yang lebih kuat akhir tahun ini dan memasuki 2022, membantu mempersempit kesenjangan antara penawaran dan permintaan, kata Jinyue Dong, ekonom senior di BBVA.

Inflasi rata-rata di Filipina diperkirakan akan menetap di angka 4,2 persen tahun ini dan turun ke 3 persen tahun depan. Inflasi yang lebih tinggi baru-baru ini sebagian merupakan hasil dari efek dasar statistik yang akan mulai memudar mulai November, menurut ekonom Michael Ricafort dari Rizal Commercial Banking Corp.

Sementara inflasi di sebagian besar Asia kemungkinan akan tetap di bawah 4 persen tahun depan, India dan Sri Lanka terlihat berbeda. Kenaikan harga di negara-negara tersebut diperkirakan akan mencapai 4,7 persen, melampaui rekan-rekan regional untuk tahun kedua.

India mengalami sesuatu yang mirip dengan inflasi dorongan biaya China, di mana harga input yang lebih tinggi merupakan faktor utama yang mengerek kenaikan biaya barang dan jasa.

Kekhawatiran tentang inflasi India telah memicu aksi jual baru-baru ini pada obligasi rupee yang jatuh temponya lebih pendek, sebuah tren yang dapat meningkat jika harga terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper