Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara JB Soedirman Mampu Layani 3.000 Orang per Hari

Bandara JB Soedirman diprediksi mampu melayani sebanyak 3.000 orang penumpang per hari dengan kapasitas maksimal hingga 13.701 penumpang.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat di Bandara Jenderal Besar Soedirman./ Dok. BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat di Bandara Jenderal Besar Soedirman./ Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga menargetkan ada 3.000 pergerakan penumpang per harinya dengan 40 penerbangan (datang dan pergi).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan bandara tersebut akan dikembangkan dengan penambahan fasilitas panjang landas pacu menjadi 2.200 meter.

"Dengan kondisi tersebut, nantinya pesawat yang lebih besar seperti Airbus 320 dan Boeing 737-800 atau 737-900 sudah bisa mendarat di Bandara Jenderal Besar Soedirman," katanya dalam siaran pers, Jumat (11/6/2021).

Dia menyebut pembangunan bandara tersebut merupakan inisiatif dari Presiden sejak 2016 dan sempat tertunda saat pandemi Covid-19 melanda. Namun dengan kolaborasi yang baik antar stakeholder, dapat menemukan solusi yang baik.

Dia juga berharap skema operasional Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga dapat diikuti bandara lain yang masih dalam tahap pembangunan. Pasalnya, Kemenhub telah membangun terminal penumpang sementara yang dibiayai oleh APBD, sehingga bandara ini dapat segera beroperasi.

"Hari ini, Presiden RI Joko Widodo meninjau Bandara JB Soedirman Purbalingga yang telah beroperasi mulai 1 Juni 2021, dan telah dilakukan penerbangan komersial perdana per tanggal 3 Juni 2021," jelasnya.

Sebagai informasi, bandara ini memiliki fasilitas sisi udara yaitu runway 1.600 x 30 meter dan apron 69 x 103 meter, untuk melayani pesawat ATR-72 dan sejenisnya, serta fasilitas PKP-PK kategori 5 dan mampu menampung kapasitas hingga 300.000 penumpang per tahunnya. Luas terminal penumpang sementara 457 M2 dengan kapasitas 13.701 penumpang.

Menurut Presiden, pengoperasian bandara tanpa menunggu pembangunan terminal selesai menjadikannya lebih produktif dibandingkan jika harus menunggu terminal selesai dahulu. Cara-cara seperti itu juga diharapkan bisa diikuti oleh bandara-bandara lain yang kini masih dalam proses pembangunan.

Jokowi juga berharap kehadiran Bandara Jenderal Besar Soedirman dapat memberikan kontribusi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan aksesibilitas masyarakat di wilayah Provinsi Jawa Tengah, khususnya bagian barat dan selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper