Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Menkeu Tulis Opini, Yellen hingga Sri Mulyani Tegaskan Pentingnya Pajak Minimum Global

Lima menteri keuangan dunia mengungkapkan alasan mengapa dunia membutuhkan ketentuan tersebut, dalam opini yang dimuat di harian Washington Post, Kamis (10/6/2021).
Menteri Keuangan perempuan pertama di Amerika Serikat Janet Yellen/ Bloomberg
Menteri Keuangan perempuan pertama di Amerika Serikat Janet Yellen/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Negara-negara G7 dipimpin Amerika Serikat telah menyepakati konsensus pajak minimum global sebesar 15 persen.

Selanjutnya proposal itu akan dipertimbangkan pada forum-forum yang lebih luas seperti G20 dan Organisasi Kerja Sama untuk Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Lima menteri keuangan dunia mengungkapkan alasan mengapa dunia membutuhkan ketentuan tersebut, dalam opini yang dimuat di harian Washington Post, Kamis (10/6/2021). Kelimanya yakni Arturo Herera Gutierrez dari Meksiko, Sri Mulyani Indrawati dari Indonesia, Tito Mboweni dari Afrika Selatan, Olaf Scholz dari Jerman, dan Janet Yellen dari AS.

"Masing-masing dari kita, dalam kapasitas kita sebagai menteri keuangan, melihat dua kekhawatiran mendesak yang dapat mengancam semua ekonomi kita meskipun ada perbedaan di antara mereka," tulis para menteri dalam opini tersebut.

Pertama, lanjutnya, orang kaya dan perusahaan jauh lebih baik bertahan dari pandemi daripada mereka yang berada di bawah tangga ekonomi.

Pekerja berupah rendah dan orang tua dipaksa untuk memilih antara kesehatan mereka dan keselamatan anak-anak di satu sisi, dan mata pencaharian mereka di sisi lain. Akibatnya, kelompok itu secara tidak proporsional menanggung beban kerugian ekonomi pandemi.

Usaha kecil menderita setelah tutup untuk melindungi komunitas mereka. Sementara itu, pendapatan perusahaan telah melonjak, dan pekerja dan pemegang saham berpenghasilan tinggi telah muncul dari krisis dengan relatif tanpa cedera.

"Masalah kedua adalah konsekuensi dari yang pertama. Pemerintah sangat membutuhkan pendapatan untuk membangun kembali ekonomi mereka dan melakukan investasi untuk mendukung usaha kecil, pekerja dan keluarga yang membutuhkan," katanya.

Pemerintah akan membutuhkan lebih banyak pendapatan saat pandemi mereda untuk mengatasi perubahan iklim dan masalah struktural jangka panjang. Pendapatan modal lebih sulit untuk dikenakan pajak karena bersifat mobile dan lebih rentan terhadap permainan akuntansi yang canggih.

Dengan menggunakan trik ini, pendapatan modal perusahaan terlalu sering menemukan jalan ke yurisdiksi pajak rendah karena perusahaan paling menguntungkan di dunia dengan tangkas mengurangi beban pajak mereka.

Selain kehilangan pendapatan, pemerintah hidup dalam ketakutan akan membebani perusahaan dengan pajak yang berlebihan, agar perusahaan-perusahaan tersebut tidak memindahkan operasi mereka — dan pekerjaan — ke luar negeri.

Dinamika yang muncul dalam setengah abad terakhir, dalam pengertian ekonomi klasik, adalah perlombaan ke bawah sehubungan dengan tarif pajak perusahaan.

"Kami berdiri bersama untuk memperbaiki masalah ini dengan solusi kolektif, pajak minimum perusahaan global. Setiap pemerintah kita memiliki hak untuk menetapkan kebijakan pajaknya sendiri. Tetapi dengan menjalankan hak berdaulat ini bersama-sama, kita dapat menempatkan ekonomi kita pada jalur menuju pemulihan yang berkelanjutan dan inklusif dengan lebih efektif daripada jika kita berdiri sendiri," kata mereka.

Mewakili lima ekonomi yang sangat berbeda di empat benua, para menteri mendukung upaya ini untuk memperbarui sistem pajak internasional abad ke-21.

Secara khusus, mereka mendukung alokasi hak perpajakan yang lebih adil atas perusahaan terbesar dan paling menguntungkan untuk menggantikan tindakan sepihak yang tidak terkoordinasi yang telah mengacaukan sistem pajak internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka juga mendukung pembuatan pajak minimum yang disepakati secara global yang akan memastikan negara-negara mengenakan pajak atas pendapatan perusahaan setidaknya pada tingkat dasar.

Para menteri pun sangat yakin bahwa pajak minimum global yang kuat akan menyumbangkan dana untuk investasi di bidang infrastruktur, perawatan kesehatan, perawatan anak, pendidikan, inovasi, dan prioritas penting pemerintah lainnya.

Menurut mereka memulihkan multilateralisme dengan cara ini dapat menciptakan lingkungan yang stabil bagi perusahaan dan membantu membangun kemakmuran bagi semua warga negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper