Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indra Bekti Cerita Soal Manfaat Tol Laut Bagi Bisnisnya

Indra Bekti menceritakan soal manfaat yang diperoleh dengan adanya tol laut untuk menunjang kegiatan bisnis.
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Selebritas sekaligus pengusaha Indra Bekti mengaku bersyukur dengan adanya tol laut di Indonesia. Pasalnya, proses pengiriman Beras Indrabekti (beras Indramayu berkualitas tinggi) yang dia produksi bisa lebih mudah dan cepat.

"Saya sangat merasakannya sih apalagi di pandemi saat ini bahwa kemudahan-kemudahan itu, inovasi-inovasi dari Kementerian Perhubungan luar biasa," katanya, Senin (7/6/2021).

Indra bercerita, sebelum adanya tol laut, harga berasnya bila dikirim ke Indonesia Timur seperti Papua bisa melonjak tajam. Namun kini, dengan adanya tol laut biaya pengiriman bisa lebih murah sehingga biaya yang dikeluarkan tidak membengkak dan harga jual di sana juga terjangkau.

"Kalau dulu mungkin kalau misalnya kita mau kirim ke Papua itu pasti harga berasnya akan menjadi tambah mahal, tetapi saat ini dengan adanya tol laut ini luar biasa sekali. Pengiriman barang sebegitu mudahnya dan cepat sehingga harganya pun terjangkau untuk di Papua," tuturnya.

Terpisah, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura terus melakukan upaya-upaya optimalisasi program tol laut di Papua guna mencapai tujuan utama program tol laut yakni menekan disparitas harga di wilayah tersebut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura (KSOP Kelas II Jayapura) Taher Laitupa mengatakan penyelenggaraan tol laut di tanah Papua merupakan perwujudan salah satu visi poros maritim Indonesia. Tol laut di wilayah tersebut adalah Trayek T-19 dengan armada KM Logistik Nusantara 2.

"Kehadiran tol laut selain menekan disparitas harga juga dapat meningkatkan komoditi produksi lokal dan meningkatkan perekonomian daerah. Semua terwujud jika semua pihak bergandengan tangan melakukan sinergi dan koordinasi,” katanya beberapa waktu lalu.

Sementara itu Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan sejak diluncurkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo pada 2015, program tol laut diklaim terus meningkat dan berkembang.

"Pada 2021, Kemenhub menambah 4 trayek baru sehingga sampai saat ini keseluruhannya ada 30 trayek tol laut. Ini sudah berkembang sangat luar biasa ya dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Menurutnya, penambahan trayek tersebut melibatkan 106 pelabuhan, terdiri dari 9 pelabuhan pangkal dan 97 pelabuhan singgah. Hadirnya trayek ini membuat jangkauan program tol laut jadi semakin luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper