Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Minta Sektor Transportasi Dukung Kelancaran Logistik

Menhub Budi Karya meminta sektor transportasi untuk mendukung kelancaran logistik agar roda perekonomian nasional tetap bergulir.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan sektor transportasi siap mendukung kebijakan pemerintah melalui berbagai program subsidi baik angkutan penumpang, angkutan logistik dan mendorong revitalisasi serta pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia.

Menurutnya, meski seluruh sektor tranportasi terpukul karena pandemi Covid-19, keberadaan sektor tersebut tetap menjadi lokomotif yang terus berdenyut bahkan menjadi penopang sektor lain untuk terus bergerak.

"Untuk memenuhi harapan agar roda perekonomian nasional tetap bergulir [di masa pandemi] khususnya di sektor transportasi, dapat saya pastikan siap untuk mendukung kebijakan pemerintah," katanya, Senin (7/6/2021).

Budi menyebut pengelolaan pergerakan manusia hingga arus logistik dapat berjalan dengan baik tidak terlepas dari dukungan transportasi. Oleh karenanya, dia mengajak seluruh masyarakat turut mengampanyekan kolaborasi konektivitas logistik pacu ekonomi demi memulihkan kembali perekonomian.

"Saya mengajak untuk bersama-sama mensukseskan kampanye kolaborasi ini dengan ikut menyebarluaskan pesan-pesan positif peranan penting transportasi untuk melancarkan angkutan logistik dan pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19," imbuhnya.

Budi tidak menampik bila sektor logistik tetap dapat bergerak di tengah banyaknya kebijakan pembatasan untuk pencegahan Covid-19 karena adanya aktivitas belanja daring selama pandemi. Namun, peran sektor transportasi tetap ada di sana.

"Sektor logistik relatif stabil selama pandemi tentu didukung oleh jaringan tranportasi yang memadai dan pembangunan infrastruktur transportasi berjalan dan meningkatkan konektivtas dan mendukung mobilitas aksesibilitas angkutan logistik di berbagai wilayah, sehingga pasokan distribusi logistik untuk melayani masyarakat tetap dapat dilakukan secara efisien dan efektif," jelasnya.

Oleh karenanya, dia terus mendorong seluruh stakeholder terkait agar senantiasa konsisten mewujudkan konektivitas melalui simpul-simpul transportasi dan memastikan layanan angkutan logistik terus berjalan dan menopang ketahanan energi, pangan dan berbagai sektor lain sehingga ekonomi bangkit mencapai kondisi yang lebih baik khususnya pertumbuhan negara Indonesia.

"Logistik adalah darah dari semua kegiatan manusia Indonesia," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper