Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Akan Ajukan PMN Kembali untuk 9 Ruas Tol Trans-Sumatra

PMN yang akan diajukan tersebut akan digunakan untuk dua kegiatan, yakni pengoperasian dan konstruksi. 
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km.  /Hutama Karya
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km. /Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) akan kembali mengusulkan penanaman modal negara kepada pemerintah untuk mendukung konstruksi dan pengoperasian jalan tol Trans-Sumatra (JTTS).

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan pihaknya telah mendapatkan penanaman modal negara (PMN) pada tahun ini senilai Rp6,2 triliun untuk tiga ruas jalan tol di JTTS. Adapun, pengajuan PMN kedua akan ditujukan untuk konstruksi maupun pengoperasian setidaknya pada sembilan ruas di JTTS.

"Untuk nilai PMN yang diajukan saat ini masih dalam proses pembahasan internal perusahaan sehingga belum terdapat angka resmi yang bisa dikeluarkan," katanya kepada Bisnis, Kamis (3/6/2021).

Tjahjo menyampaikan bahwa PMN yang akan diajukan tersebut akan digunakan untuk dua kegiatan, yakni pengoperasian dan konstruksi. 

Menurutnya, akan ada tiga ruas yang akan memperoleh manfaat PMN tersebut dalam kegiatan konstruksi, yakni jalan tol MedanBinjai, PalembangIndralaya, dan PekanbaruDumai.

Sementara itu, setidaknya akan ada enam ruas yang akan terbantu dari PMN tersebut dalam kegiatan pengoperasian, yakni ruas Binjai—Langsa, Indralaya—Muara Enim, Kisaran—Indrapura, Kuala Tanjung—Parapat, Sigli—Banda Aceh, dan Pangkalan—Pekanbaru.

Selain itu, Tjahjo mengatakan PMN kedua tersebut juga akan membantu pengerjaan detail engineering design (DED) backbone lanjutan JTTS. Hutama Karya masih harus membangun enam ruas backbone JTTS hingga 2024.

Keenam ruas tersebut terbagi dalam konstruksi Tahap II dan Tahap III. Jalan tol backbone yang masuk dalam Tahap II adalah Betung—Tempino—Jambi (169 kilometer), Jambi—Rengat (198 kilometer), Rengat—Pekanbaru (207 kilometer), sedangkan yang masuk dalam Tahap III adalah Dumai—Rantau Parapat (181 kilometer), Rantau Parapat—Kisaran (112 kilometer), Langsa—Lhokseumawe (134 kilometer), Lhokseumawe—Sigli (157 kilometer), dan Pangkalan Brandang—Langsa (658 kilometer).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper