Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menperin Ingin Produk Halal Dongkrak Ekspansi Industri

Kemenperin berharap produk halal bisa mendongkrak ekspansi industri serta memperluas jangkauan pemasaran produk muslim Indonesia baik di pasar domestik atau global.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. /Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. /Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar kegiatan Indonesia Industrial Moslem Exhibition atau ii-Motion 2021 bertajuk Indonesian Halal Industry Today yang akan berlangsung selama mulai 3 – 5 Juni 2021 secara virtual.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kegiatan ini diharapkan turut meningkatkan Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia ke depan pasca pencapaian tertinggi atau di level 55,3 pada Mei kemarin. Selain itu, melalui acara ii-Motion2021, Agus mengharapkan dapat membuka dan memperluas jangkauan pemasaran produk muslim Indonesia baik di pasar domestik atau global.

"Kegiatan ini juga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah produk muslim, memperkuat citra Indonesia sebagai pemain penting dalam industri halal dunia serta mendukung upaya Indonesia untuk menjadi produsen produk halal terbesar di dunia," katanya dalam pembuakaan ii-Motion 2021, Kamis (3/6/2021).

Selain penyelenggaraan kegiatan tersebut, menurut Agus komitmen pemerintah dalam pengembangan industri halal saat ini juga dilakukan dengan pembentukan unit usaha Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) guna memfasilitasi kemudahan sertifikat halal untuk produk industri.

Adapun rangkaian kegiatan ii-Motion terdiri dari pameran secara virtual, webinar dan talkshow dengan berbagai tema, demo make up dan hijab, demo barista dan demo masak.

"Pameran virtual dalam kegiatan ii-Motion 2021 diikuti oleh 142 peserta yang berasal dari kelompok komoditi makanan dan minuman, fashion, sepatu, tas, perhiasan, kosmetik dan peralatan rumah tangga. Selain itu juga terdapat 1 booth Program Santripreneur, 2 Klinik Konsultasi dan Fasilitasi bagi IKM, dan 4 booth Penghargaan IKM," ujarnya.

Menurut Agus di antara peserta, terdapat empat booth icon yang diisi oleh desainer ternama tanah air, yaitu Ivan Gunawan, Jenahara, Ida Royani, dan Irfan Hakim.

Sementara pada booth Klinik Konsultasi dan Fasilitasi terdapat Klinik Desain Merek dan Kemasan, dan Klinik Kekayaan Intelektual yang akan memberikan informasi dan konsultasi terkait dengan Kekayaan Intelektual dan kemasan bagi produk IKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper