Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPR DP 0 Persen Seret, Developer Sebut Ada Uang Muka Lebih Baik

Niat baik Bank Indonesia dengan membuka kemungkinan perbankan menyetujui pemberian kredit pemilikan rumah atau apartemen (KPR/KPA) tanpa uang muka atau DP 0 persen tak berjalan maksimal di lapangan. Hal itu dilatarbelakangi perbankan meningkatkan kehati-hatian terhadap calon debitur.
Ilustrasi pembangunan perumahan di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah./Antara/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi pembangunan perumahan di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah./Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan uang muka (down payment/DP) 0 persen untuk kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) belum sepenuhnya berjalan efektif, menurut Managing Director Sinar Mas Land Alim Gunadi.

Dia mengemukakan kondisi di lapangan menunjukkan hal itu disebabkan bank harus menentukan tingkat risiko setiap debitur. Bahkan dia menilai adanya uang muka justru lebih baik, karena menyaring debitur dengan kemampuan finansial karena cicilan KPR yang bisa mengikat komitmen hingga 20 tahun.

"DP 0 persen ini mungkin patokannya di track record gaji di bank tersebut bagus, tapi kan kita tidak tahu sebenarnya orang ini punya kemampuan finansial seperti apa. Kalau ada DP jelas bisa tahu kemampuan finansialnya," tuturnya.

Sebelumnya pengembang mengungkapkan seretnya persetujuan kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan terutama pada masa pandemi Covid-19. DP 0 persen juga membuat seluruh risiko ditanggung perbankan dan itu membuat bankir meningkatkan kehati-hatian untuk menyetujui KPR DP 0 persen.

Meskipun ada banyak stimulus dari regulator, lanjutnya, namun ekonomi masyarakat terdampak akibat penyesuaian gaji perusahaan di masa pandemi sehingga berdampak pada pembelian rumah.

"Jadi, ini masalahnya kompleks, daya belinya ada enggak? Ini berdampak juga, karena kebanyakan pembeluinya end user atau buyers ini bergantung terhadap gaji," kata Alim.

Sementara itu, Asisten Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Dhaha P. Kuantan menuturkan sebagian bank saat ini telah melakukan penyesuaian DP nol persen khususnya pada debitur tertentu yang memiliki kualifikasi baik.

Menurut Dhaha, saat ini relaksasi dan kebijakan mengenai properti telah menunjukkan dampaknya di pengajuan KPR.

Dia mengutarakan aplikasi KPR di bank-bank BUMN meningkat cukup signifikan. KPR Mandiri tumbuh 8,6 persen mtm pada Maret 2021, KPR BRI tumbuh 6,5 persen mtm, di BCA telah terdapat 3.000 aplikasi KPR pada April. Namun, dia mengakui bahwa untuk aplikasi KPR baru di bank-bank kecil, belum menunjukkan respons yang baik.

Tren kredit properti tetap positif di tengah pertumbuhan kredit yang masih lambat. Menurutnya, perbankan memang masih perlu melakukan penyesuaian terkait suku bunga.

Pasalnya, sejak penurunan suku bunga acuan BI 7 Day Repo Rate, suku bunga dasar kredit (SBDK) telah turun 200 bps.

"Harga KPR telah turun 100 bps pada Maret 2020, sedangkan untuk KPR baru telah turun sebesar 80 bps. Bank butuh waktu untuk penyesuaian SBDK dulu dan harapannya ke depan akan lebih turun lagi untuk mendorong permintaan properti," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper