Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Tunggu Progres Vaksin Merah Putih

Kemenkes masih menunggu progres Vaksin Merah Putih agar bisa dilanjutkan uji klinis tahap ketiga.
Vaksin Covid-19. /ANTARA
Vaksin Covid-19. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan uji klinis tahap 3 Vaksin Merah Putih berlangsung sesuai dengan target. Namun, hingga saat ini Kementerian masih menanti hasil pengembangan Vaksin Merah Putih yang dikerjakan oleh sejumlah instansi.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk penanganan Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi mengatakan produksi Vaksin Merah Putih akan dilakukan pada awal 2021. Dengan demikian, proses uji klinis tahap ketiga vaksin tersebut diperkirakan selesai setidaknya pada kuartal IV/2021.

"Kemenkes masih menunggu hasilnya, dan yang pasti akan sesuai prosedur sebelum kemudilan uji klinis tahap 3 selesai dan mendapatkan izin edar Badan Pengawasan Obat dan Makanan [BPOM]," ujar Siti, Kamis (27/5/2021).

Penantian hasil pengembangan tersebut, sambungnya, sebagai pertimbangan penggunaan Vaksin Merah Putih secara bersamaan dengan pelaksanaan program vaksinasi pemerintah yang berlangsung sejak Januari 2021.

Nadia pun belum bisa memberikan perkiraan perihal penggunaan Vaksin Merah Putih dan mengatakan bahwa pemerintah sangat bergantung kepada progres pengembangan.

Menurut informasi terbaru dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), fase uji klinis Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga bermitra dengan PT Biotis rampung pada kuartal IV/2021.

Saat ini, pengembangan VMP di dua instansi tersebut berlangsung di fase praklinis. Dengan target rampung pada kuartal IV mendatang, awal 2022 pemerintah memperkirakan vaksin tersebut bisa diproduksi secara massal.

Masih dalam rangka melakukan percepatan, pemerintah mendorong PT Bio Farma bisa menyerahkan laporan interim dalam waktu yang tidak terlalu lama guna mengantongi izin dari BPOM lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper