Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Gandeng Accor, Dorong Pangan Lokal Masuk Hotel

Kementan mendorong produk pangan lokal masuk hotel dengan mengganedng Grup Accor.
Ilustrasi/accorhotels-group.com
Ilustrasi/accorhotels-group.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pertanian (Kementan) bersama grup perhotelan Accor menyepakati kerja sama gerakan konsumsi pangan lokal melalui rangkaian kegiatan yang berlangsung di Mercure Bandung City Centre,  sebagai upaya menghidupkan perekonomian nasional melalui sektor konsumsi pangan lokal.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan hotel-hotel di Indonesia di bawah naungan grup Accor siap memasukan menu makanan lokal sebagai makanan andalan bagi para tamu yang datang.

"Bahkan Accor di dunia ini lebih dari 5.000 hotel. Jadi langkah pertama kita adalah memasukan produk pangan lokal ke hotel-hotel Accor. Dan semua ini sudah kita mulai di Semarang dan akan merambat ke hotel Accor lainya," katanya dalam penandatangan kerjasama Accor, Sabtu (22/5/2021).

Suwandi menjelaskan panganan lokal yang nantinya masuk ke hotel diantaranya, olahan dari tepung mocaf, minuman bandrek, bajigur dan sekoteng. Semua makanan tersebut merupakan hasil penyerapan dari petani.

Tak hanya itu, Kementan juga menyebut sudah menandatangani MoU dengan petani di Sukabumi untuk menyuplai bahan panganan lokal.

Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia & Malaysia Adi Satria mengatakan apresiasi atas dukungan dan arahan Kementerian Pertanian terhadap perkembangan pangan lokal sebagai bahan konsumsi tamu hotel.

Oleh karena itu, Accor Indonesia berkomitmen mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, dalam hal ini gerakan konsumsi pangan lokal.

"Mami sangat menyambut baik kerja sama ini karena dapat membantu juga menyerap hasil dari petani maupun UMKM," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini selain penandatanganan MoU Dirjen Tanaman Pangan Kementan dengan Accor Group, juga MoU Dirjen Tanaman Pangan dengan Rumah Mode Bandung, MoU Petani Singkong Sukabumi dengan Pengolahan Mocaf PT BAS dan juga perjanjian kerja sama UMKM dengan Mercure Bandung City Centre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper