Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEN Dorong Pemanfaatan PLTS Atap

Dewan Energi Nasional bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung pemanfaatan PLTS atap di lingkungan Kementerian ESDM, Setjen DEN, dan SKK Migas.
Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (2/2/2021)./ANTARA FOTO-Ahmad Subaidi
Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (2/2/2021)./ANTARA FOTO-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap dengan SKK Migas, PT Len Industri (Persero), dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung pemanfaatan PLTS atap bagi pegawai di lingkungan Kementerian ESDM, Setjen DEN, dan SKK Migas.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan bahwa Indonesia memprioritaskan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi. Selain itu, Indonesia juga berkomitmen untuk mengembangkan dan memanfaatkan EBT sebagai upaya peningkatan ketahanan energi nasional dan mitigasi perubahan iklim.

"Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dari baseline dengan kemampuan sendiri atau 41 persen dengan bantuan internasional, di mana sektor energi diharapkan berkontribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 314-398 juta ton CO2 pada 2030, sebagaimana telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Paris Agreement," ujar Djoko melalui siaran pers, Rabu (12/5/2021).

Setjen DEN memiliki inisiasi untuk mendukung komitmen tersebut melalui berbagai gerakan sebagai agen perubahan. Kerja sama ini adalah salah satu upaya kontribusi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian ESDM, Setjen DEN, dan SKK migas untuk mempercepat transisi energi di Indonesia.

"Kami sangat mendorong implementasi program transisi energi melalui praktek di dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya sebagai policy makers di bidang energi, namun juga sebagai praktisi dan sekaligus agen perubahan di bidang energi untuk Indonesia yang lebih baik," imbuh Djoko.

Sebelumnya, Setjen DEN telah melakukan kerja sama serupa dengan Bank BRI dan PT LEN. Djoko mengatakan bahwa keikutsertaan Bank Mandiri dan SKK Migas dalam program PLTS atap merupakan suatu kemajuan positif yang diharapkan dapat diikuti oleh unit-unit kerja atau kementerian lainnya.

"Besar harapan kami bahwa melalui inisiasi kerja sama yang kami lakukan saat ini, unit kerja maupun kementerian lain dapat melakukan kerja sama serupa. Selain itu, pegawai di lingkungan Setjen DEN dan SKK Migas dapat dengan mudah dan cepat untuk mengakses dana pinjaman guna memanfaatkan PLTS atap. Terima kasih untuk Bank Mandiri," tuturnya.

Djoko meyakini pemasangan PLTS memiliki manfaat yang besar. Selain menurunkan tagihan listrik, juga merupakan salah satu upaya untuk berkontribusi dalam penyelesaian masalah lingkungan.

"Lebih lanjut, untuk pemanfaatan PLTS atap secara on-grid atau terkoneksi pada jaringan PLN, pemerintah telah menyiapkan regulasi untuk perhitungan ekspor-impor listrik (net metering) yang pastinya akan memberikan keuntungan ekonomi yang lebih baik lagi, karena kita dapat menjual kelebihan listrik kita ke PLN atau mengekspor listriknya ke PLN pada siang hari," kata Djoko.

Senada, Senior Executive Vice President Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus Koernianto mengatakan bahwa kerja sama ini adalah salah satu bentuk dukungan dari Bank Mandiri terhadap pencapaian bauran energi dari EBT sebesar 23 persen pada 2025.

"Pencapaian bauran energi nasional tersebut sebagaimana diketahui diperlukan sinergi dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan. Tenaga surya sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan dinilai menjadi salah satu opsi percepatan target bauran tersebut," ujar Josephus.

Dengan adanya kerja sama ini, ke depan Bank Mandiri akan memberikan kredit kepada nasabah yang akan memasang solar panel. Pembiayaan tersebut menggunakan skema kartu kredit atau skema tanpa agunan yang murah dan dapat dicicil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper