Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumber Marine Shipyard Bangun 2 Kapal Angkut Semen

Kedua kapal tersebut diestimasi akan dibangun selama 12 bulan hingga 15 bulan dengan menggunakan kandungan lokal sebesar-besarnya serta dibangun oleh 100 persen sumber daya manusia Indonesia
Kapal semen
Kapal semen

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sumber Marine Shipyard, perusahaan galangan kapal berbasis di Batam, Kepulauan Riau, membangun dua unit kapal PB Cement Carrier berkapasitas 4.500 Dead Weight Tonnage pesanan perusahaan pelayaran nasional PT Andalas Bahtera Baruna.

Kedua kapal tersebut diestimasi akan dibangun selama 12 bulan hingga 15 bulan dengan menggunakan kandungan lokal sebesar-besarnya serta dibangun oleh 100 persen sumber daya manusia Indonesia. "Kami bersyukur mendapatkan kepercayaan kembali untuk membangun kapal semen ketiga dan keempat dari PT Andalas Bahtera Baruna," kata Direktur PT Sumber Marine Shipyard Ronnie Kristanto dalam keterangan tertulisnya.

Ronnie menjelaskan sebelumnya PT Sumber Marine Shipyard sukses membangun dua unit kapal cement carrier yakni MV Iriana berkapasitas 9.500 DWT dan dengan teknologi Electric Propulsion pertama yang dibangun di Indonesia, serta MV Camilla berkapasitas 9.000 DWT. "Hari ini kami dipercaya kembali untuk melaksanakan pembangunan kapal angkut semen sebanyak dua unit sekaligus," ujarnya.

Kedua kapal ini adalah sister ship. Spesifikasi kapal adalah Panjang 98 meter, lebar 18,20 M dan draf 4,80 M. Kapal didesign dengan mengandalkan sumber daya manusia Indonesia dan dengan mempertimbangkan secara detail rencana dan kebutuhan operasi nantinya sesuai regulasi internasional dan Pemerintah.

Pembangunan kedua kapal tersebut ditandai dengan pelaksanaan keel laying di galangan yang berlokasi di Batam, Senin (10/5). Keel laying dihadiri Direktur Perkapalan dan Kepalautan Ditjen Perhubungan Laut Capt. Hermantan beserta Senior Manager PT Andalas Bahtera Baruna Capt. Adrie S. Supit.

Ronnie menjelaskan realisasi pembangunan kapal semen ini menjadi bukti nyata bahwa galangan kapal nasional telah mampu memenuhi kebutuhan kapal angkut semen dalam negeri, khususnya kapal angkut semen dengan kapasitas dibawah 10.000 DWT.

“Oleh karena itu, seyogyanya, kapal angkut semen dengan tipe dan ukuran dibawah 10.000 DWT, dapat diprioritaskan pengadaannya melalui pembangunan kapal baru pada galangan dalam negeri dan membatasi impor,” ujarnya.

Capt. Hermanta menjelaskan Kementerian Perhubungan terus mendorong terciptanya kolaborasi yang baik antara perusahaan pelayaran nasional dan perusahaan galangan dalam rangka memperbesar kegiatan pembangunan kapal baru di dalam negeri.

“Sebab, dengan cara kolaborasi seperti ini, sektor maritime Indonesia dapat lebih cepat berkembang bahkan dapat mendukung terwujudnya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sebagaimana impian Bapak Presiden Joko Widodo dan kita masyarakat Indonesia,” katanya.

Capt. Hermanta menambahkan hingga saat ini, Indonesia masih memerlukan pasokan kapal dengan berbagai tipe dan ukuran, baik dalam rangka ekspansi maupun peremajaan. “Apalagi, sebagian kapal berbendera Merah Putih sudah waktunya untuk diremajakan sehingga kebutuhan akan kapal selalu meningkat dimana hal ini dapat dipenuhi dari dalam negeri," ujarnya.

Dia menjelaskan ditengah suasana pandemi Covid-19, pembangunan kapal angkut semen ini, memiliki makna yang sangat berarti bagi Indonesia. Proyek ini akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit tentunya dimana saudara-saudara kita saat ini banyak yang membutuhkannya.

“Kami patut berbangga dan memberikan apresiasi karena pembangunan kapal ini akan menggunakan kandungan lokal yang sebesar-besarnya sehingga industri penunjangnya seperti pelat, kabel, lampu dan sebagainya, akan ikut menerima dampak positifnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper