Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NTP Petani April 2021 Turun 0,35 Persen

Penurunan tersebut dipengaruhi oleh pelemahan di subsektor pangan dan holtikultura. 
Petani memanen padi di areal sawah desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (20/3/2021)./Antararn
Petani memanen padi di areal sawah desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (20/3/2021)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai Tukar Petani (NTP) pada April 2021 mengalami penurunan sebesar 0,35 persen secara bulanan. Penurunan tersebut dipengaruhi oleh pelemahan di subsektor pangan dan holtikultura. 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto mengatakan subsektor tanaman pangan mengalami penurunan sebesar 1,18 persen, sedangkan holtikultura mengalami penurunan sebesar 2,62 persen.

"Untuk tanaman pangan yang mengalami penurunan 1,18 persen terjadi karena nilai yang diterima petani turun 0,89 persen, sedangkan untuk indeks yang dibayarkan petani naik 0,29 persen," ujar Setiyanto dalam konferensi persn secara virtual, Senin (3/5/2021).

Adapun, komoditas yang dominan memengaruhi penurunan adalah gabah. Sementara komoditas yang menghambat penurunan indeks yang diterima petani adalah jagung, ketela pohon, kacang tanah, ketela rambat, kacang hijau, dan kacang kedelai.

Untuk holtikultura, terjadi penurunan indeks yang diterima petani sebesar 2,37 persen. Sementara indeks yang dibayarkan petani naik 0,25 persen.

Komoditas yang dominan memengaruhi indeks yang diterima petani tanaman holtikultura adalah bawang merah, cabe rawit, cabe merah, dan sebagainya.

Di sisi lain, komoditas yang menghambat penurunan yang diterima petani adalah kentang, petai, salak, pisang, jeruk, ketimun, semangka, mangga, apel, dan pepaya.

Kendati demikian, untuk tanaman perkebunan rakyat, peternakan, serta perikanan terjadi peningkatan NTP pada April 2021. Masing-masing mengalami peningkatan sebesar 0,89 persen untuk tanaman perkebunan rakyat, 1,3 persen untuk peternakan, dan 0,99 persen untuk perikanan.

Untuk tanaman perkebunan rakyat, terjadi kenaikan indeks yang diterima petani sebesar 1,10 persen. Kanaikan lebih besar dari kenaikan yang dibayarkan oleh petani tanaman perkebunan rakyat sebesar 0,22 persen.

Komoditas yang memengaruhi indeks yang diterima petani tanaman perkebunan rakyat adalah karet, cengkeh, lada, kelapa sawit, kelapa, biji pala, pinang, kakao, tebu, biji jambu dan mete. Sementara itu, komoditas yang menghambat kenaikan indeks yang diterima petani adalah gambir.

Untuk peternakan, NTP peternak meningkat 1,31 persen. Kenaikan indeks yang diterima peternak naik 1,45 persen. Lebih besar dari kenaikan indeks yang dibayarkan peternak sebesar 0,14 persen.

Komoditas yang dominan memengaruhi kenaikan indeks yang diterima peternak adalah kenaikan ayam ras daging, telur ayam ras, sapi potong, ayam kampung, sapi perah, kemudian daging babi, kerbau, itik, kambing, dan ayam ras petelor.

Komoditas yang menghambat kenaikan indeks yang diterima peternak adalah kelinci.

Untuk perikanan, NTP nelayan naik 0,99 persen. Ada kenaikan indeks yang diterima sebesar 1,18 persen. Kenaikan indeks yang diterima oleh nelayan ini lebih besar dari kenaikan indeks yang dibayarkan sebesar 0,19 persen.

Komoditas yang dominan memengaruhi indeks yang diterima nelayan adalah nila tawar, tongkol, dan sebagainya. Kemudian komoditas yang mengangkat kenaikan indeks yang diterima nelayan adalah teri, cumi-cumi, sayur, dan rumput laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper