Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REI & KAHMI Bersinergi Garap Pembangunan Hunian Menengah

REI dan KAHMi menjalin kerja sama dalam menggarap berbagai proyek pembangunan perumahan untuk pasar kelas menengah.
REI dan KAHMI menandatangani nota kesepahaman untuk mencetak pelaku usaha baru di sektor properti./Istimewa
REI dan KAHMI menandatangani nota kesepahaman untuk mencetak pelaku usaha baru di sektor properti./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menandatangani nota kesepahaman untuk mencetak pelaku usaha baru di sektor properti.

Kerja sama tersebut, yang ditandatangani di kantor DPP REI di Jakarta pada Selasa (20/4/2021), juga merupakan langkah konkret REI dan KAHMI membantu usaha pemulihan ekonomi nasional.

Naskah kerja sama tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida dan Koordinator Nasional Presidium KAHMI Viva Yoga Mauladi.

“KAHMI merupakan komunitas cendekia yang besar dan solid. SDM-nya komplet [dari berbagai disiplin ilmu], mapan secara ekonomi dan anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Ini tentu captive market yang sangat besar, sehingga sinergi ini strategis,” kata Totok.

Dia menjelaskan kerja sama meliputi pendidikan dan pelatihan (diklat) menjadi entrepreneur di bisnis properti, kerja sama pengembangan proyek perumahan dengan anggota REI se-Indonesia, termasuk kolaborasi dalam kegiatan pemasaran rumah hasil kerja sama tersebut.

Menurut Totok, skema kerja samanya dapat bermacam-macam, misalnya anggota KAHMI mengembangkan properti di lahan milik anggota REI atau sebaliknya pengembangan dilakukan di lahan milik anggota KAHMI oleh REI.

“Yang terpenting, kerja sama ini dapat berjalan baik sesuai dengan harapan kedua pihak untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Setelah penandatanganan MoU, ungkap Totok, realisasi kerja sama di lapangan secepat mungkin akan dilakukan melalui pengembangan perumahan di segmen menengah dan menengah atas di kota-kota besar seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), Surabaya, Medan, serta Makassar.

Dia menambahkan kondisi saat ini di tengah pandemi cukup menekan pasar hunian di segmen bawah, karena banyak pekerja di-PHK sehingga daya beli mereka menurun. Sebaliknya, pasar hunian di kelas menengah justru masih bergerak, karena kemampuan finansial masyarakat di segmen ini masih ada.

“Oleh karena itu, kerja sama dengan KAHMI diharapkan ikut menggerakkan segmen menengah dan menengah atas, yang dampaknya akan memacu juga pasar menengah bawah. Pabrik bahan material bisa bergerak kembali dan pada akhirnya membantu usaha pemulihan ekonomi nasional yang diinginkan pemerintah,” papar Totok.

Viva Yoga Mauladi mengaku senang dapat bekerja sama dengan REI untuk menciptakan lebih banyak pengusaha properti. Sebagai asosiasi properti terbesar dengan anggota lebih dari 6.000 perusahaan, ujarnya, REI memenuhi semua kriteria seperti yang diharapkan KAHMI baik dari sisi diklat hingga kerja sama di lapangan.

Anggota Komisi IV DPR RI itu mengatakan kerja sama KAHMI dengan REI sudah dibahas dan telah mendapat persetujuan dari Majelis Nasional KAHMI sehingga akan didukung penuh agar benar-benar membawa manfaat bagi kedua organisasi serta berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi nasional.

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan REI, terlebih tadi disebutkan akan bersama-sama menggarap perumahan khususnya di segmen menengah di seluruh Indonesia karena anggota KAHMI ada di semua daerah. Jadi, semuanya nanti bisa belajar dan bersinergi langsung dengan REI,” kata Ketua Umum PB HMI periode 1995–1997 itu.

Dia mengemukakan bahwa anggota KAHMI banyak sekali yang berkiprah sebagai pebisnis dengan jumlah anggota keseluruhan saat ini hampir 3,5 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper