Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Larangan Mudik Berlaku, Sandiaga Uno Ajak Warga Berwisata Lokal

Sandiaga Uno meminta agar masyarakat mematuhi aturan larangan mudik. Dia pun mengajak masyarakat untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata lokal selama libur Lebaran.
Menteri Sandiaga Uno berharap Genose C19 mampu menjadi langkah awal pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia./Kemenristek
Menteri Sandiaga Uno berharap Genose C19 mampu menjadi langkah awal pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia./Kemenristek

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melarang mudik Lebaran selama dua pekan sejak 6-17 Mei 2021. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13/2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 H/2021 selama 6-17 Mei 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta agar masyarakat mematuhi aturan larangan mudik. Dia pun mengajak masyarakat untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata lokal selama libur Lebaran.

"Jadi saya harapkan ini akan memberikan kejelasan agar kita tidak bingung menghadapi situasi ini, bahwa mudik dilarang, kegiatan [masyarakat] pun mengacu kepada PPKM skala mikro, termasuk juga kegiatan masyarakat berwisata lokal," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (21/4/2021).

Berdasarkan data terhimpun, diketahui jumlah kasus Covid-19 di seluruh wilayah Nusantara melonjak signifikan selama masa liburan, baik Lebaran maupun Libur Natal dan Tahun Baru.

Jumlah peningkatan kasus Covid-19 pasca libur lebaran melonjak hingga 94 persen, sedangkan peningkatan kasus Covid-19 pascalibur Nataru mencapai sebesar 70 persen.

"Jadi keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik dan secara tegas melarang mudik itu betul-betul dilandasi dari data-data. Kalau ada pergerakan secara masif seperti lebaran dan Nataru mengakibatkan lonjakan yang sangat signifikan dari penularan virus Covid-19," ungkapnya.

Walau dilarang keras untuk mudik ke kampung halaman, Sandiaga Uno menyampaikan masyarakat dapat tetap berwisata ke sejumlah destinasi lokal selama libur lebaran.

Hanya saja, seluruh masyarakat yang berwisata katanya harus mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah. Termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin ketika berwisata.

"Ada aglomerasi-aglomerasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah untuk dipatuhi," tambahnya.

Lewat sejumlah langkah tersebut, Sandiaga Uno berharap agar kepatuhan masyarakat untuk tidak mudik dan menjaga protokol kesehatan dapat berbuah baik.

Kasus penularan Covid-19 pasca libur lebaran dapat menurun, sehingga perekonomian, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali pulih.

"Saya harap dengan kepatuhan kita terhadap keputusan pemerintah, maka kita bisa menekan angka penularan Covid-19 yang agak sedikit merangkak naik sekarang. Jadi ini butuh seluruh kerjasama. Saya mohon sekali bantuan dari segenap masyarakat di seluruh pelosok Nusantara untuk patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper