Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I Ingin Kembangkan Cargo Village Bandara Makassar

Angkasa Pura I mempersiapkan lahan seluas 33 hektare untuk pengembangan cargo village di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. /Kementerian BUMN
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I berencana mengembangkan cargo village di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk mengoptimalkan pendapatan dari sisi kargo dan logistik.

GM Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar Wahyudi mengatakan bakal menyiapkan lahan seluas 33 hektare untuk merealisasikan cargo village. Langkah tersebut ditempuh dengan pertimbangan bahwa masa pandemi memberikan perubahan signifikan terhadap pola bisnis sebagian besar pengusaha. 

Hal itu terbukti dari volume kargo naik 67 persen semasa pandemi dan permintaan di Makassar tinggi. "Cargo village ini difokuskan melayani layanan kargo, sehingga tidak mengganggu kegiatan para calon penumpang," Wahyudi, Jumat (16/4/2021).

Dia menambahkan kegiatan pengiriman barang melalui kargo maupun logistik menjadi cara yang semakin populer. Cargo village dinilai bisa mendukung kelancaran kegiatan bisnis ekspor komoditi perikanan di Wilayah Timur Indonesia melalui jalur udara, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Balai Besar KIPM Makassar.

Wahyudi menuturkan setidaknya ada 75 perusahaan yang bergerak di bidang komoditi ekspor asal Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah yang melalui bandara di Makassar.

Peluang bisnis tersebut perlu didukung dengan pelayanan moda transportasi udara yang mumpuni. Karena itu, pengiriman langsung atau direct call dinilai dapat mengefisienkan biaya kirim bagi para eksportir dan durasi pengiriman lebih cepat.

"Jadi harapan kami Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dapat mempermudah akses bagi pelaku usaha di Wilayah Tengah maupun Timur Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper