Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank of Japan: Yuan Digital Milik China Tak Akan Gulingkan Dolar

Status dolar sebagai mata uang global utama tidak akan berubah dengan mudah, menurut pejabat bank sentral Jepang.
Bank of Japan/REUTERS
Bank of Japan/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang pejabat senior Bank of Japan (BOJ) menegaskan yuan digital China tidak akan berpotensi mengancam posisi dolar sebagai mata uang cadangan utama dunia.

"Status dolar sebagai mata uang global utama tidak akan berubah dengan mudah," kata Kazushige Kamiyama, Kepala Departemen Sistem Pembayaran BOJ dan orang yang bertanggung jawab untuk melihat mata uang virtual Jepang.

Faktanya, keuntungan dolar dapat menguat lebih lanjut jika AS menggunakan digitalisasi. Sebuah laporan awal pekan ini menunjukkan pemerintahan Biden meningkatkan pengawasannya terhadap kemajuan China dalam membentuk yuan digital di tengah kekhawatiran itu dapat memulai tawaran jangka panjang untuk menggantikan dolar.

People’s Bank of China (PBOC) semakin dekat menjadi bank sentral besar pertama yang meluncurkan mata uang virtual. China sendiri akan segera meluncurkan uji coba untuk konsumen dan bisnis di seluruh negeri.

PBOC telah mengerjakan mata uang digital sejak 2014 dan pergerakannya telah meningkatkan minat di antara bank sentral dan pembuat kebijakan, sementara penyebaran cryptocurrency telah menambah kesan bahwa pesaing untuk mendapatkan uang tunai biasa dapat mengubah cara sektor keuangan beroperasi.

Pandemi juga telah mempercepat penggunaan pembayaran tanpa uang tunai, bahkan di Jepang di mana uang kertas dan koin masih digunakan dalam sebagian besar transaksi.

Kamiyama mengatakan BOJ tidak memiliki rencana khusus untuk uji coba pada saat ini, tetapi dia membantah bahwa bank sentralnya tertinggal dari rekan-rekannya.

"BOJ tidak ketinggalan dalam studi mata uang digital," kata Kamiyama.

BOJ memulai fase pertama dari eksperimen teknisnya sendiri pada mata uang digital minggu lalu dan berpartisipasi dalam studi kelompok tentang mereka dengan Bank for International Settlements (BIS) dengan enam bank sentral utama termasuk Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa.

Kelompok tersebut pada bulan Oktober mengatakan pengenalan mata uang digital tidak boleh merusak stabilitas sistem keuangan saat ini.

“Tidak ada mata uang digital tunggal dari bank sentral yang akan menaklukkan dunia selama semua orang terus bekerja untuk meningkatkan sistem penyelesaian mereka,” kata Kamiyama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper