Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Minta Maskapai Optimalkan Slot dan Rute

Menhub Budi Karya meminta maskapai untuk mengoptimalkan slot penerbangan dan mengaktifkan rute domestik secara bertahap dalam upaya pemulihan industri penerbangan.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong kerja sama operator maskapai agar dapat mengoptimalkan slot penerbangan dan mengaktifkan rute domestik secara bertahap sebagai upaya mempercepat pemulihan industri penerbangan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan dengan memasuki adaptasi kebiasaan baru seluruh unsur termasuk industri penerbangan juga ikut beraktivitas dengan pola baru dalam upaya mengurangi penularan kasus Covid-19. Termasuk, ketika pemerintah sudah melakukan program vaksinasi, prosedur protokol kesehatan tetap dilakukan dengan cermat.

Selama masa adaptasi kebiasaan baru pula, sambungnya, maskapai nasional juga telah mengambil sejumlah strategi bertahan menghadapi tantangan pandemi Covid-19 hingga langkah strategis yang berdampak kepada pemulihan bisnis dan lalu lintas penerbangan. Ke depannya, industri aviasi dapat semakin membaik dengan kerja sama di antara maskapai memanfaatkan slot penerbangan dan pengaktifan kembali rute domestik.

"Saya berharap agar kerja sama operator dapat dioptimalkan, slot time serta mengaktifkan rute domestik yang sempat tidak beroperasi sementara sehingga penerbangan semakin membaik. Kemenhub siap mendukung upaya INACA dan stakeholder secara maksimal," ujarnya, Kamis (15/4/2021).

Selama masa adaptasi kebiasaan baru, papar Menhub, maskapai nasional juga telah masif mengembangkan digitalisasi dan pengembangan bisnis non aeronautika. Hal-hal tersebut, tekannya, juga harus selalu dilakukan dengan baik karena bisa menambah pundi-pundi pendapatan dan menetralisir tekanan usaha yang dihadapi.

Menteri yang akrab disapa BKS tersebut juga menekankan kolaborasi dan elaborasi tidak hanya dilakukan oleh maskapai industri penerbangan, melainkan juga harus dengan organisasi global. Misalnya Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) atau Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA).

Fokusnya adalah kerja sama pengembangan protokol kesehatan dengan mengedepankan jaga jarak, pemeriksaan kesehatan, layanan tanpa sentuh, penyemprotan disinfektan, dan seluruh fasilitas udara terhadap seluruh pengguna jasa transportasi.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Irfan Setiaputra menyampaikan pemerintah sudah melakukan banyak hal dalam upaya pemulihan perekonomian di Indonesia. Di samping itu pemerintah juga terus menerus harus bergejolak dengan pemulihan kesehatan dan tekanan pelaku industri khsuusnya penerbangan.

Menurutnya sinergi kedua belah pihak antara naskapai dan pemerintah harus harus dipertahankan supaya bisa melewati pandemi lebih cepat dan bermanfaat.

"Karena melewati proses pandemi ini aja sebagaimana memberikan manfaat lebih besar kepada pemulihan ekonomi dan dirasakan juga oleh pelaku industri di luar penerbangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper