Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Rampung Bulan Ini

Pengerjaan jalan tol Serang—Panimbang dibagi dalam tiga seksi sepanjang 83,67 kilometer.
Proyek jalan tol di Banten./Istimewa-Kementerian PUPR
Proyek jalan tol di Banten./Istimewa-Kementerian PUPR

Bisnis.com, SERANG — PT Wijaya Karya Serang Panimbang memastikan pengerjaan fisik jalan tol Serang—Panimbang Seksi 1 dari Serang hingga Rangkasbitung selesai pada April 2021.

Namun, pihaknya belum bisa memberikan kepastian apakah infrastruktur pendukung KEK Pariwisata Tanjung Lesung itu sudah bisa difungsikan sebelum Lebaran 2021.

Manajer Bidang Human Capital dan Umum PT Wika Serpan Bambang Yogaswara mengatakan bahwa secara umum untuk pembangunan fisik Seksi 1 tol tersebut ditargetkan selesai pada bulan ini. Saat ini progresnya hanya tinggal menyisakan sedikit pekerjaan.

"Kalau terkait dengan pekerjaan fisiknya, main road, Seksi 1 Serang sampai Rangkasbitung itu insyaallah April 2021 selesai. Masih ada yang belum selesai di ujung Simpang Susun Rangkasbitung di KM 24,3," kata Bambang, Selasa (14/4/2021).

Meski pengerjaan fisik akan rampung dalam waktu dekat, perusahaan belum bisa memastikan ruas jalan tol itu sudah difungsionalkan sebelum Lebaran tahun ini sebab pihaknya harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

"Apakah akan difungsikan sebelum Lebaran ini, kami harus berkoordinasi dengan berbagai pihak. BPJT [Badan Pengatur Jalan Tol], kepolisian dan tentunya dengan pihak PT MMS [Marga Mandala Sakti]," katanya.

Menurutnya, perlunya koordinasi dengan PT MMS dikarenakan tol Serang—Panimbang akan terkoneksi degan ruas tol Tangerang—Merak yang dikelola oleh perusahaan tersebut. Pihaknya harus melakukan penyesuaian sistem untuk kelancaran pelaksanaannya.

"Nanti akan dikoordinasikan dengan PT MMS untuk menyetarakan sistemnya," kata dia.

Koordinasi dengan kepolisian juga dilakukan karena pihaknya ingin menjamin terkait keamanan jalan dan masyarakat. Kemudian, perusahaan juga belum melakukan uji coba terhadap jalan tol tersebut.

Direktur Utama PT Wika Serang Panimbang Mulyana mengatakan bahwa Seksi 1 difungsonalkan terlebih dahulu. Kendaraan sudah bisa melintas, tetapi masih belum dikenakan tarif. "Difungsikan, belum ditarifkan."

Pengerjaan jalan tol Serang—Panimbang dibagi dalam tiga seksi sepanjang 83,67 kilometer. Seksi 1 yaitu Serang hingga Rangkasbitung sekitar 26,5 kilometer, Seksi 2 dari Rangkasbitung hingga Cileles sepanjang 24,1 kilometer dan seksi 3 dari Cileles hingga Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper