Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi JORR II Ditarget Rampung Awal 2022

Hingga saat ini, perkembangan pembebasan tanah konstruksi JORR II telah mencapai 60 persen.
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan konstruksi Jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II akan rampung pada akhir tahun ini jika semua proses berjalan lancar.

Hingga saat ini, konstruksi jalan bebas hambatan tersebut kini masih terhambat pembebasan lahan.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan dari tiga konstruksi ruas Jalan Tol JORR II, ruas Cimanggis-Cibitung seksi II dan Cibitung-Cilincing seksi 1 dapat dioperasikan secara fungsional pada Lebaran 2021. Sementara itu, ruas Cinere-Jagorawi masih tertahan pembebasan lahan.

"Kami masih menunggu kesiapan tanahnya. Kalau tanahnya siap, kemungkinan [konstruksi JORR II rampung pada] kuartal pertama 2022. [Lahan yang belum siap dalam konstruksi] Cinere-Jagorawi sepanjang 800 meter," katanya di Jakarta, Senin (12/4/2021).

Danang mengatakan saat ini perkembangan pembebasan tanah konstruksi JORR II telah mencapai 60 persen. Menurutnya, pendanaan konstruksi tersebut akan berasal dari anggaran negara maupun dengan skema pinjaman.

Berdasarkan data BPJT, ketiga ruas jalan tol tersebut menelan investasi hingga Rp11, 95 triliun dengan total panjang jalan tol mencapai 73,92 kilometer. Dengan kata lain, investasi per kilometer jalan tol tersebut sekitar Rp161,66 miliar.

Sementara itu, total biaya pembebasan tanah ketiga ruas tersebut mencapai Rp1,34 triliun. Adapun, biaya konstruksi yang dikeluarkan sekitar Rp5,3 triliun.

Hingga medio Maret 2021, perkembangan konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing telah mencapai 84,7 persen dengan progres pembebasan tanah di level 93,22 persen. Perkembangan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah berada di kisaran 80,33 persen, sedangkan pembebasan tanahnya sekitar 86,69 persen.

Di samping itu, konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi hanya tersisa konstruksi seksi 3 Kukusan-Cinere. Konstruksi ruas tersebut tercatat belum dikerjakan dan masih dalam masa pembebasan tanah. Tanah yang telah dibebaskan pada ruas tol yang dijadwalkan rampung pada 2023 tersebut baru mencapai 38,18 persen.

Sebelumnya, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. telah mengoperasikan seluruh on/off ramp atau akses masuk/keluar Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sejak 10 April 2021 pukul 14.00 WIB.

Direktur PT JKC Agung Widodo berharap dengan dioperasikannya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II itu, dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa serta meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jakarta, khususnya Kota Tangerang.

Dengan dioperasikannya seluruh akses jalan tol tersebut, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya, atau pun hanya menggunakannya dari dan menuju daerah Tanah Tinggi, Buaran Indah dan Pinang.

Sebagai informasi, Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 1 April 2021. Jalan tol ini untuk sementara masih dioperasikan tanpa tarif sejak 2 April 2021 sebagai bentuk sosialisasi kepada pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper