Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulit Tembus Daerah NTT, 75 Persen Gardu Listrik Masih Padam

Salah satu kendala di lapangan, yakni banyak daerah masih belum bisa ditembus petugas karena aksesnya rusak.
Petugas PLN memperbaiki gardu listrik yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT)./Antararn
Petugas PLN memperbaiki gardu listrik yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku kesulitan menembus daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT), karena banyak jalan dan jembatan rusak, sehingga proses pemulihan jaringan listrik yang padam akibat badai Siklon Tropis Seroja masih belum optimal.

"Salah satu kendala di lapangan, yakni banyak daerah masih belum bisa ditembus petugas karena aksesnya rusak. Kami menyebarkan 442 personel demi mempercepat pemulihan kelistrikan," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Agustinus Jatmiko dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Siklon Tropis Seroja membuat banyak pohon tumbang, merobohkan papan reklame, tanah longsor, jalan rusak, jembatan putus, hingga banjir bandang.

Kondisi medan yang berat itu membuat pergerakan personil yang bertugas untuk memulihkan kelistrikan menjadi terbatas.

Hingga pukul 12.00 WITA, PLN telah memperbaiki 1.005 gardu dan kembali menyalurkan listrik kepada lebih dari 142 ribu pelanggan.

Dari 3.986 gardu distribusi listrik terdampak badai di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini masih tersisa 2.981 gardu yang padam. Dengan begitu, persentase gardu normal tercatat baru mencapai 25 persen.

"Setelah kami memastikan kondisi pelanggan aman, kami mulai mengalirkan listrik ke rumah warga. Pararel kami terus percepat perbaikan tower miring dan jaringan yang rusak akibat diterjang badai Seroja," kata Agustinus Jatmiko.

Jaringan listrik yang sudah menyala di Nusa Tenggara Timur terletak di Oepoi, Cak Doko, dan sebagian BTN Kolhua.

Kemudian, Kabupaten Sumba Barat, Sumba Jaya, Ende, Ngada, Sikka, Flores Timur, dan bertahap pulih di Kabupaten Lembata, Sumba Timur.

"Kami masih berupaya untuk bisa menembus wilayah yang masih belum bisa diakses," kata Agustinus Jatmiko.

Selain melakukan pemulihan jaringan kelistrikan, PLN juga memberikan bantuan ke beberapa daerah yang terdampak signifikan, seperti Desa Lamahala Jaya dan Desa Waiburak-Adonara di Flores Timur.

Perseroan juga membuka dapur umum bersama para relawan setempat di lokasi terdampak banjir bandang di Kecamatan Ile Ape, Lembata.

PLN terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan dan bersabar untuk penormalan kelistrikan. Selanjutnya, masyarakat bisa menghubungi melalui call center PLN 123 atau melalui aplikasi New PLN Mobile.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper