Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Paskah, Kemenhub: 350.000 Kendaraan Pribadi Masuk Tol

Kemenhub melaporkan sebanyak 350.000 kendaraan pribadi melintasi jalan tol selama libur Paskah.
Ilustrasi Jalan Tol Cikampek-Jakarta. /ANTARA
Ilustrasi Jalan Tol Cikampek-Jakarta. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat laporan dari PT Jasa Marga (Persero) bahwa sebanyak 350.000 kendaraan pribadi memasuki tol selama libur panjang akhir pekan lalu, tepatnya libur Paskah 1–4 April 2021.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa setiap kali ada libur panjang, selalu terjadi lonjakan arus penumpang khususnya di transportasi umum. Namun, tidak terlepas juga dari kendaraan pribadi.

"Kalau kita lihat dari serangkaian libur panjang di tahun lalu maupun yang terakhir kemarin libur Paskah, selalu ada lonjakan [mobilitas] walau angkanya bervariasi," katanya dalam diskusi daring, Selasa (6/4/2021).

Dia mengklaim bahwa berdasarkan data yang diterima Kemenhub, selama libur Paskah pekan lalu terdapat sebanyak 350.000 kendaraan pribadi masuk melalui jalur tol.

"Belum lagi [yang bepergian] yang menggunakan pesawat udara juga terjadi lonjakan sampai dengan 39,8 persen di Angkasa Pura I dan II meskipun tidak terlalu signifikan lonjakannya," kata Adita.

Melihat fenomena tersebut, dia mengakui bahwa lonjakan arus mobilitas orang selalu terjadi di saat-saat libur panjang. Oleh karenanya, walaupun Kemenhub memiliki tugas dan fungsi memfasilitasi pergerakan manusia, tapi dalam situasi pandemi tetap diingatkan kepada masyarakat untuk tidak bepergian bila tidak penting dan mendesak.

"Sebaiknya jangan melakukan mobilitas dulu karena situasi juga masih harus kita antisipasi dan kami selalu mendengarkan apa yang menjadi masukan dari para pakar, dari Satgas Penanganan Covid-19 dan juga kementerian dan lembaga terkait terkait pergerakan orang ini," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper